Tips Keuangan Bagi Mahasiswa

Seorang mahasiswa harus memiliki kedewasaan di berbagai bidang, antara lain kedewasaan dalam hal mengatur keuangan pribadi. Saat ini, sebagian besar mahasiswa masih hidup dengan bergantung sepenuhnya pada uang kiriman orang tua. Kadang-kadang uang kiriman orang tua itu sudah menipis sebelum waktunya, sehingga mahasiswa tersebut harus mengencangkan perutnya di akhir bulan. Supaya hal ini tidak terjadi, maka mahasiswa harus bisa mengatur keuangannya sebaik-baiknya. Di bawah ini ada beberapa tips keuangan bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Manajemen Uang
1. Bergabunglah dengan bank/koperasi.
2. Jangan miliki kartu kredit kecuali kalau benar-benar membutuhkannya.
3. Hindari utang untuk kepentingan non-akademik.
4. Menabung dulu, baru berbelanja.
5. Bayarlah tagihan tepat waktu.

Perencanaan
6. Catat pengeluaran.
7. Buatlah anggaran belanja.
8. Simpan kuitansi.
9. Jaga informasi kartu kredit dll.

Kehidupan Kampus
10. Beli buku bekas (atau pinjam saja).
11. Liburan yang sederhana.
12. Tidak usah bawa mobil.
13. Jangan hang out dengan orang boros.
14. Ikutilah kegiatan di kampus.

Kehidupan Pribadi
15. Rajinlah belajar.
16. Kembangkan diri.
17. Olahraga teratur.
18. Makan makanan yang sehat.
19. Jauhi minuman keras, rokok, dll.
20. Kencan yang tidak mahal.
21. Bergembiralah di kampus.

Mengambil Keputusan
22. Buat pilihan yang pintar.
23. Jika akan membeli sesuatu, tanya dirimu "Apa aku membutuhkannya?"

Menghasilkan Uang
24. Pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan.
25. Jadilah pekerja yang unggul.
26. Mulailah bisnis sendiri.
27. Belajar berinvestasi.


Referensi: 27 money tips for college students

4 comments :

  1. haduh...

    gw paling gak bisa nahan godaan makan.... (at least, godaan buat ngunyah deh....)

    gimana nih?

    ReplyDelete
  2. @petra :
    kunyah-kunyah sesuatu aja, tapi ga usah dimakan :))
    biar ngirit =p

    ReplyDelete
  3. ude... sih...

    tapi udah eneg...

    sehari ngabisin 10 pak permen karet....

    ReplyDelete
  4. wah,, bagus sekali tips-tipsnya gan. , . Izin diprint yak. . . Héhéhé

    ReplyDelete