Google Apps

Beberapa bulan yang lalu saya membaca artikel tentang Google Apps, yang ditulis oleh seorang praktisi IT dalam blognya. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa layanan baru dari Google ini memungkinkan kita untuk meng-hosting-kan domain kita ke Google. Layanan lainnya yang banyak diminati yaitu fasilitas email yang disediakan Gmail (Google Mail), tapi menggunakan domain kita, misalnya: namasaya@domainsaya.com. Email ini memiliki fasilitas yang sama dengan yang disediakan Google Mail, antara lain kapasitasnya > 2GB. Sayangnya, dalam artikel tersebut tidak dijelaskan secara teknis bagaimana menggunakan fasilitas Google Apps tersebut.

Karena tertarik dengan Google Apps tersebut, saya mencoba sign up ke Google Apps, lalu mengisi beberapa form. Saya mendaftarkan domain pmk-itb.com, yang tahun ini saya kelola, ke Google Apps. Beberapa jam kemudian, setelah saya cek kembali di Google Apps, ternyata Google sudah menyetujuinya. Lalu saya coba untuk mengaktifkan layanan emailnya, tapi hal ini tidak berhasil karena saya tidak membaca petunjuknya dengan seksama. Waktu itu, saya memang agak malas untuk mengeksplorasinya lebih dalam. Maklum, sindrom liburan semester :p

Sebulan yang lalu, saya mulai eksplorasi Google Apps lagi, dan mencoba mengaktifkan layanan emailnya. Dalam petunjuk yang diberikan Google untuk setingan MX (Mail Exchange) ada sedikit perbedaan saat dilakukan di cPanel domain saya. Setelah sedikit trial & error (maklum masih newbie ;) serta menunggu beberapa jam untuk aktivasi MX entry yang baru, akhirnya berhasil juga :). Email @pmk-itb.com yang didukung Google Mail akhirnya jadi. Oya, untuk saat ini Google baru memberi jatah 100 account.

Selain email, fasilitas lain yang disediakan Google Apps, antara lain kalender dan Google Talk. Fasilitas kalender ini bisa menjadi online organizer, baik untuk pribadi maupun organisasi. Sedangkan Google Talk, dengan instant messenger yang berbasiskan Jabber ini, kita bisa chatting dengan sesama pemilik account Gmail ataupun account yang sudah terdaftar di Google Apps, misalnya @pmk-itb.com.

Ada fasilitas lain yang belum saya gunakan, yaitu domain web page, karena domain yang saya kelola sekarang sudah memiliki hosting sendiri. Selain itu, saya masih belum tahu apakah hosting dari Google ini menyediakan server-side scripting (seperti PHP, Python, dll) dan mendukung database (seperti MySQL, PostgreSQL, dll) atau tidak. Mungkin di lain waktu saya akan mengeksplorasi fasilitas ini juga.

Akhir kata, Google Apps memang keren. Saya harap Gmail, yang masih versi beta tersebut, segera dikembangkan lagi oleh Google, karena menurut saya, untuk saat ini Yahoo Mail beta sedikit lebih baik daripada Gmail beta. Tapi saya yakin tidak lama lagi Google akan me-launch Gmail yang lebih baik. Google, yang sedang mengepakkan sayapnya ini, disebut-sebut akan menyaingi Microsoft dalam dunia IT. Akankah demikian? Kita tunggu saya aksi Google selanjutnya, dengan opsi-opsinya yang seabreg. One word for Google : COOL !!! ?

6 comments :

  1. Google emang perusahaan yang keren banget inovasinya. Coba baca buku "Kisah Sukses Google", di situ keliatan banget gimana mereka mau mendobrak hal2 yang konvensional.

    Khusus buat gmail, gw bilang dia lebih bagus dari Yahoo Mail loh.. Lebih sigap! Hehehe..

    ReplyDelete
  2. sampe sekarang, yg aku suka dari google masih tetep cuma search enginenya... soalnya ga butuh login2 segala.

    entah kenapa di sini kalo mo login gitu susahnya bukan main...

    ReplyDelete
  3. Kalo fasilitas email, gw masih suka pake Y!mail, masih belum beranjak ke Google. Tapi dilihat dari perkembangannya, Google memang bakalan sangat perkasa.

    @brahm: pinjem dunks bukunya :)
    @berto: search engine google emang ga ada matinya ^_^

    ReplyDelete
  4. waduh menarik nih, tar bisa bikin imel dengan account gereja..hehehe
    gua mau liat2 dulu, tar kalo ada yang ga ngerti kasih tahu ya.. :)

    ReplyDelete
  5. @xuxu :
    sip, konsultasi ke gw ya, ok ...
    mumpung masih gratis :d hehehe ...

    ReplyDelete
  6. Saya juga udah nyobain dan memang sangat menarik. Untuk halaman web nya bahkan ada start page yg seperti Yahoo, juga ada untuk berbagi dokumen segala.

    Tapi kayaknya sih nggak mendukung server side scripting semacam PHP. Mirip dengan page builder nya Geocities.

    ReplyDelete