Kisah Seorang Deadliner

Akhirnya tiba juga saat yang ditunggu-tunggu ... berakhir pekan tanpa tugas yang menumpuk. Yup, minggu ini gw seperti sedang dihajar sama tugas-tugas kuliah. Ada tugas bikin program, bikin laporan analisis, resume jurnal, dokumentasi, dll. Wajarlah, namanya juga mahasiswa ... pasti harusnya punya banyak tugas ... apalagi mahasiswa itb gitu loh ;) *narsis mode : on* ... Tapi, kalo semuanya berjalan wajar-wajar aja, mungkin gw gak akan nulis blog ini ... ^^"

Bagian yang tidak wajar adalah cara ngerjain tugas itu ... Seperti kebiasaan kebanyakan anak IF lainnya, gw baru mulai ngerjain tugas-tugas itu menjelang deadline >_< ... Huh, bener-bener mepet banget lah. Padahal, di IF ini kami dididik untuk tepat waktu dalam pengumpulan tugas, 'coz di dunia kerja nanti deadline itu benar-benar harus ditepati. Gw sendiri pernah berpengalaman buruk akibat melewati deadline, akibatnya kehilangan proyek deh :(

Sedikit mengutip kata seseorang, anak IF itu kalau dikasi tugas 4 minggu, biasanya (bisa) dikerjakan dalam 4 hari, perbandingannya sekitar 7 : 1 lah ... Buat orang-orang tertentu, mungkin perbandingannya lebih besar =p ... Seperti gw ini, mulai ngerjain tugas tuh biasanya H-3 :D hehehe ... malahan, kadang-kadang J-3 (3 jam sebelum deadline) >_<* ... parah btul .... Contoh nyatanya adalah mata kuliah yang deadline tugasnya bertebaran di akhir minggu ini, diurutkan berdasarkan deadline :)

1. Information Retrieval
Tugasnya, bikin program information retrieval system yang sederhana untuk pembobotan, perankingan dokumen berdasarkan query tertentu, dan "sedikit" perhitungan statistik. Tugas ini dikasi sekitar 1 bulan yang lalu, sebelum libur lebaran. Mungkin karena kami sekelompok saling percaya satu sama lain ^^, semuanya beranggapan bahwa setidaknya ada satu orang dari kami yang mengerjakan tugas ini. Nyatanya? Tidak ada! Akhirnya, hari Senin yang lalu (H-3) gw baru mulai ngumpulin anggota kelompok untuk membahas spesifikasi program. Beuh, parah btul ... >_< ! Gw mencoba mengerjakan tugas ini sendiri tapi susah ngerti, gara-gara pikiran lagi gak jernih ... (pembelaan nih :p). Baru pada H-1 (malam sebelum deadline), gw baru kepikiran algoritma untuk menyelesaikan persoalannya -_-" Akhirnya, gw coding semalaman (ditemani segelas beras kencur hangat ^^) dan lumayan lah, ada secercah harapan. Pagi harinya gw ketemu Berto, temen sekelompok gw, dan ternyata program yang dia bikin sudah selesai ~_~ ... ga terlalu perfect sih, tapi setidaknya lebih maju dari program gw ... ya iya lah, lha wong dia bikin sejak H-2, sehari sebelum gw >_< ... * satu malam memang begitu berharga * ... Akhirnya, program dialah yang kita kumpulin (sedikit dipermak nambah-nambah gambar biar rame :D), kemarin jam 3 sore. Dalam suatu kerja kelompok, peran seorang "trigger" sangatlah dibutuhkan , dan hal inilah yang belum ada di kelompok gw ... Sebenernya ada sih, gw ^^", tapi tetep aja parah ... lha wong triggernya aja deadliner >_<, H-4 baru mulai sibuk :D ... i'm sorry, friends ^^

2. Information System
Tugasnya, bikin dokumen perancangan sistem informasi. Tugas ini merupakan bagian dari TUGAS BESAR. Waktu pengerjaannya 11 hari, deadline hari ini jam 3 sore. Kerjaan gw agak sedikit diperingan sih, soalnya cuma kebagian bikin rancangan user interface ^_^ thanks ya, Tyo & Moren ... Tapi tetep aja, baru bikin tadi malam (paralel sama tugas lainnya, ditemani secangkir kopi ^^") & sebagian tadi pagi 'coz gw lupa kalo di rumah gw gak ada V*sio buat lihat DFDnya -_-" ... Yang penting sih, beres tepat waktu ... Urusan ngerti, besok juga bisa dipelajari & diperbaiki lagi :)

3. Database
Tugasnya, bikin functional dependency dari skema relasional yang dulu pernah dibikin. Waktu pengerjaan 10 hari, deadline hari ini jam 3 sore ... Beruntung, kelompok gw di tugas ini sudah inisiatif mulai mengerjakan pada hari Sabtu lalu. Tapi, sori banget, bro ... gw gak ikutan ngerjain 'coz waktu itu berbarengan sama rapat natal pmk, dan gw harus ada di rapat itu -_-" ... sori ya ... Akhirnya gw cuma kebagian tugas ngeprint laporan ;( ... Lain kali, gw gak gb (gaji buta) deh ^^ ... *feeling guilty*

4. Artificial Intelligence
Tugasnya, agak gak jelas sih, "hanya" cari artikel hasil Googling tentang topik yang berhubungan dengan Computer Vision. Waktu yang diberikan 26 jam -_-", deadline hari ini jam 5 sore. Gw baru cari sumbernya kemarin jam 9 malam, trus langsung bagi-bagi tugas, dan baru sempat ngerjain tugas ini (yang sebagian besar "hanya" menerjemahkan) siang ini, J-5. Hm... cukup ngebut juga ;)

Oya, ada sedikit pengorbanan dalam ngerjain empat tugas di atas, antara lain:
- gak sempat nonton Liga Champion ^^
- kurang tidur, 'coz jam tidur dipakai bergadang ngerjain tugas
- gak sarapan & gak makan siang, gara-gara "keasyikan" ngerjain tugas
- makan nasi cuma sekali sehari (jam 10 malam) itu juga memaksakan diri agar ada karbohidrat masuk
- gak bisa ikut jumatan pmk, ngobrolin tentang natal pmk sama yang lain, n memandang si dia di sana
- sempet sedikit frustasi, karena pikiran yang gak bisa mikir jernih >_<
- dll ....

Pengalaman di atas memang gak terlalu 'wah' sih ... mungkin banyak dari antara teman-temanku yang mengalami hal yang lebih 'wah' ^_^ ... IF gitu loh ... Sudahlah, yg tlah lalu biarlah berlalu ... Puji Tuhan, semua tugas tersebut sudah beres, meskipun mungkin gak ada yang perfect ... Mungkin sudah saatnya, gw berhenti jadi deadliner ^_^ ... doakan ya :) Sampai jumpa di deadline-deadline yang akan datang. Adios!

13 comments :

  1. *blink blink*

    gileeeeee...

    lebih berat daripada tugas mahasiswa sini lo, Nggri!

    And yet I still feel that my workload is really really insane!

    semangat2!!

    *btw, pindah rumah lagi nih...-kabur sebelum digebukin yang lain-

    ReplyDelete
  2. sial..... gak heran tingkat 3 kayak gitu....

    tugas2 gw sekarang....
    IF2182,,, udah ada tugas lagi...
    IF2191,,, dikumpul tanggal 1...
    IF2101,,, masih lama sih... tapi proyek gw rada susah... jadi nyesel....

    duh.... cape....

    ReplyDelete
  3. @fanny :
    ah,, sebenernya tugasnya ga berat kok ;) ... cuma, gara2 ngerjainnya mepet deadline, jadi terasa berat ^-^"

    @petra :
    semangat, bro !

    ReplyDelete
  4. hihiiii... maap yah kalo jadi bikin kamu kecewa soalnya program kamu ga jadi dipake. saya terpaksa turun tangan karena melihat teman2 sekelompok yang lain (ga boleh nyebut merk katanya) kurang dapat diandalkan untuk dijadikan inang, wekekeke... (lesson learned: kalo mo cari inang, jangan cari yang tipe deadliner, ntar jadi panik sendiri, dan ga jadi GB-GB deh...) maap juga kalo programnya ga perfect, karena emang sengaja dibuat begitu, sesuai dengan falsafah "jadi orang itu jangan terlalu ambisius", secukupnya aja (maksudnya, asal nilai akhirnya A mah dah cukup, hehehee...)"

    tapi tenang saja, kk... tugas 2 STBI sudah menantimu... jangan deket2 deadline yah bikinnya, biar gw bisa tidur nyenyak dan ga harus mikir2 mulu, "anggri bikin ga yah? bakal selesai ga yah?"... OKEH? ganbatte, anggri-kun!

    ReplyDelete
  5. @berto:
    pada saling menginang nih <_< ...
    tugas 2 gak akan mepet2 deadline deh ^^"
    bisa kan, bert ;)

    ReplyDelete
  6. Kekekeke.. semester 6 masih menunggumu nak. Dibanding semester 6, semester 5 mah masih santai lah :P hehehehe...

    ReplyDelete
  7. semester enam ya ...

    hm... ok lah :)

    *siapkan strategi dl dr skrg*

    ReplyDelete
  8. @anggri: tugas 2 inangnya sudah jelas: kamuh! hihihiiii...

    ReplyDelete
  9. hehe...klo udah bagian implementasi, bagian lo gw banyakin yah tugas SI nya >:)...

    ReplyDelete
  10. Hoho..! Tapi entah kenapa lingkungan IF emang kayak menuntut kita jadi deadliners.. Apakah kemampuan tinggi menghadang tegang dan memblokir panik daat dekat"limit ini akan dipake di dunia kerja? Hehe.. We'll see..

    Hidup deadliners! ;)

    ~[sil]

    ReplyDelete