Liburan

Gak kerasa sebentar lagi liburan semester ganjil akan selesai. Seperti liburan semester ganjil biasanya, liburan ini terasa sangat singkat dan mungkin biasa-biasa saja. Kampus menyediakan waktu liburan selama 4 minggu. Tapi, waktu 4 minggu ini masih dipotong untuk presentasi tugas, mengerjakan tugas tambahan, perwalian, daftar ulang, dan lain-lain (huh, cape deh >_<). Jadi, waktu bersih yang tersedia sekitar 3 minggu. Nah, sepertinya waktu 3 minggu kebanyakan gw pakai untuk hal-hal yang santai. Hibernasi dalam jangka waktu yang cukup ^_^, membiasakan diri makan teratur 3 kali sehari (lagi), merefresh pikiran, dll. Meskipun begitu, tetap ada hal-hal yang agak serius yang dikerjakan selama liburan loh (contohnya ... apa ada ya ? ^^’).

Kalau dibandingkan dengan teman-teman yang lain, liburan gw ini mungkin tampak biasa-biasa saja. Liburan gw gak seperti Andreas yang tetap produktif bikin puisi, meskipun 'Ibu Presiden'-nya sedang belajar ke negeri seberang ^_^, dan mungkin sekarang sering senyum-senyum sendiri karena dapat ucapan selamat dari beliau atas keberhasilannya lolos student exchange ke Tokyo Insitute of Technology (congratz, ndre...). Gak seperti Brahm, yang bertanding habis-habisan meskipun grogi di olimpiade demi HMIF (smangat .... ^^’). Gak seperti Ernes, yang jalan-jalan ke rumah saudara-saudaranya di Jogja n Tuban ^_^ (kok gak bawain oleh-oleh sih ... :p). Gak seperti Lafra, yang ulang tahun pas liburan ... cie, dah kepala 2 :) (eh, kok gak ada kue gratis di himpie yah ... he3 ?). Gak seperti Petra, yang pulang ke kampung opungnya untuk menghadiri pernikahan sepasang mantan dosen kami (titip salam ya ... ). Gak seperti Tigor, yang mungkin sudah melakukan 'penembakan' dan sekarang lagi menanti jawaban (gudlak, bro ... i hope her answer is ‘yes, i do’). Gak seperti siapa lagi ya ..... ? Oya, gak seperti Xuxu yang gak liburan (loh? Ya iya lah, kan dah kerja gitu loh :p).

Sudah ah, cukup! (preludenya kepanjangan neh >_<) Ok, meskipun liburan gw gak seperti mereka (toh, tiap orang kan unik, gak harus sama ... setuju?), tetap ada hal-hal yang menarik, antara lain yang akan gw sebutin di bawah, terurut secara kronologis berdasarkan waktu permulaannya :).



--

Ide Lomba

Rencana awal gw di liburan ini sebenarnya adalah cari ide untuk mengikuti lomba-lomba yang IT-related, misalnya Imagine Cup atau LCEN. Tapi kenyataannya, sampai sekarang belum dapat ide-ide yang jelas >_<. Gw sempat lihat-lihat di websitenya Imagine Cup dan mencoba daftar, tapi kok teks Captcha-nya gak keluar-keluar (argh... gak jadi daftar deh). Trus, sempat juga download SDK nya Project Hoshimi dan sedikit mencoba-coba, tapi kok teu ngarti-ngarti juga piye cara maine. Boro-boro sampai coding, mulai main di level beginner yang cuma klik sana-sini saja belum sampai x_x. Duh! Mungkin kesalahan gw di sini karena kurang fokus pada apa yang sedang gw kerjakan, dan juga mungkin karena gak ada partner buat sharing ide atau eksplorasi bareng. Semoga di lain waktu lebih baik.

Pedekategeje

Sepertinya bagian ini dipersingkat saja deh :p. Soalnya nanti ujung-ujungnya ada yang nanya "Kapan makan-makannya ?" ^_^’. Intinya sih, kalau pedekate itu diibaratkan sebagai Unified Process (duh, er-pe-el dikasi c kok ngomongin UP ... nilai memang kadang tidak sesuai fakta >_<), nah sekarang masih fase inception. Makanya, masih jauh dari acara makan-makan ;p. Kenapa geje? Karena fase inception itu idealnya dilakukan dalam waktu yang singkat, sedangkan waktu yang gw dapat relatif terlalu panjang, makanya ujung-ujungnya sering gak jelas, kehabisan topik pembicaraan yang jelas, dan akhirnya sekarang sedang saya hentikan (sampai semester depan atau sampai dia menghantui lagi). Semoga setelah liburan selesai, bisa masuk fase elaboration, construction, dan transition ;).

Varicella

Awal liburan ini gw mengalami demam, suhu badan gw naik-turun. Waktu itu gw pikir ... mungkin ini cuma flu atau masuk angin biasa soalnya beberapa hari sebelumya gw babak belur bikin sistem informasi dalam waktu 1 malam, yang harusnya dikerjakan selama 1 bulan !! (huh, dasar insane programmer yg super deadliner >_<). Gw tunggu sampai hari ketiga, ternyata demamnya gak turun-turun juga. Ya udah, gw akhirnya pergi ke dokter. "Oh ... ini sih varicella", kata bu dokter. Hah varicella? Itu makanan apa ya, dok? "Varicella itu cacar air". Oh my God, ternyata gw kena cacar air atau chickenpox (jangan bayangin muka gw kayak gambar di wikipedia ya ... praise God, gak separah itu ... masih keliatan gantengnya kok :). Ternyata demam tiga hari di awal liburan itu gejala awal virus yang entah datang dari siapa >-<. Huh, perih juga sih bentol-bentol di sekitar badan. Rasanya gatal banget, tapi gak boleh digaruk soalnya bisa makin lama sembuhnya dan bekasnya ga bisa hilang. Jumat malam gw ga bisa tidur sama sekali karena kepanasan dan kegatelan >_<, padahal besok paginya ada interview di Cikarang, duh! Selama masa-masa gatal sampai mengering, gw jarang keluar rumah soalnya memang bikin malas keluar rumah dan juga takut menulari teman-teman gw tersayang :). Keluar rumah juga cuma sekali-kali ke warnet untuk baca email, cari tahu pengumuman, baca dan update blog. Praise God, 1 minggu setelahnya obatnya sudah habis dan penyakit ini bisa dibilang sudah membaik. Dan, sekarang sudah sembuh :).

Hape rusak

Satu ketidakberuntungan lagi, ponsel gw ngambek. Argh... Siemens C60 gw tersayang tiba-tiba mati! Padahal, ini adalah alat komunikasi terpenting gw, dan waktu itu hape gw sangatlah berperan dalam ‘fase inception’ pedekate, bahkan di saat-saat terakhirnya itu masih dipakai untuk kepentingan itu. Lha kok, tiba-tiba ngambek. Argh ... tidak !!! Gw pikir baterainya habis karena gw lupa nge-charge, tapi ternyata bukan. Akhirnya gw bawa ke dealer Benq-Siemens di BEC untuk diperbaiki. Selama masa perbaikan itu, gw pinjam hape adek gw yang rada ribet untuk mengakses phonebook di SIM card-nya (yang penting sih masih bisa telefon dan sms). Kemarin gw ambil hape gw yanng sudah diperbaiki, ternyata softwarenya error (lagi), harus diformat, dan diinstall ulang. Argh... tidak, 100 nomer penting (termasuk semua klien) di hape itu hilang (phonebook di SIM card gw sudah penuh, jadi ada yang disimpan di memory hape T_T), untungnya beberapa nomer yang sering dihubungi sempat disimpan di SIM card. Koleksi ringtone gw (yang sudah menghabiskan ratusan juta Byte GPRS) juga hilang. Koleksi gambar (termasuk foto dia) juga hilang. Duh! Gpp lah, yang penting sekarang sudah baik dan semoga tidak error lagi >_<. Mungkin kapan-kapan harus diganti dengan yang lebih cocok untuk mobile development (spec: kapasistas memory gede, processor cepat, support Symbian, Java MIDP 2.0, 3G, GPRS, Bluetooth, IR, dan lain-lain, serta gak mahal ... apa ya?).

Interview

Dalam keadaan cacar air hari ketiga, gw nekat pergi ke Cikarang untuk tes interview. Sebenarnya awalnya gw kurang serius mengikuti program beasiswa yang ditawarkan SEIN ini (karena mempertimbangkan beberapa hal). Tapi, gw ingat waktu tes tertulis pertama gw sudah menyerahkan semuanya ke Tuhan, sambil menjawab soal sebisanya seadanya. Dan, akhirnya lolos juga. Pertanyaan yang diajukan juga (menurut gw) cuma sedikit yang jelas, malah gw sempat dibilang "dari Solo ya ... orang Solo itu sopan-sopan ya", (kata Mr. Lee, GM R&D, in English tentunya). Hehehe... saya memang sopan kok, tapi kalau ada sikap gw yang kurang sopan itu karena faktor pergaulan (sudah diracuni orang Bandung dan Jakarta nih ... he3 ;p). Dan, tes interview ini lolos juga. Semoga kehendak-Nya saja yang jadi, kalau memang gw harus memulai karier di SEIN, setidaknya sebagai batu loncatan 2,5 - 3 tahun.

Berdua

Eits... jangan mikir yang aneh-aneh dulu saat liat subjudulnya. Berdua yang gw maksud adalah berdua sama adik gw. Bukan adik kenal gede yang itu ya :), tapi benar-benar adik kandung gw (meski sama-sama menganggap gw kakaknya ... ya iya lah). Liburan kemarin orang tua gw pulang ke Solo selama 1 minggu, jadi di rumah gw tinggal berdua sama adik gw. Tadinya sih rencananya cuma 2 hari, hanya datang di acara pernikahannya cici sepupu gw (anak dari anak dari adik dari ayah dari ayah saya ... gak bingung kan :D). Ternyata saat itu juga, eyang gw (ayah dari ibu saya) sakit parah dan akhirnya tiada :( jadi orang tua saya harus tinggal lebih lama di Solo. Karena sendiri di rumah, gw jadi rajin menyapu, trus belajar (sebenernya sudah bisa sih) mencuci dan menyeterika pakaian. Yang belum sempat gw coba adalah memasak >_< (duh, cuma bisa masak air & mie nih), akhirnya tiap malam harus repot cari makan di luar. Setidaknya 1 minggu ini sedikit mengenal kehidupan anak kos :), yang akan gw jalani 1,5 tahun lagi.

JKS

Minggu lalu gw diajak sama teman-teman pengurus PMK untuk datang di pertemuan Jaringan Kerja Sama (JKS) PMK. Katanya sih pertemuan ini se-regional Jawa bagian barat. Jadi, gw dengan senang hati mengikuti tawaran ini, siapa tahu juga bisa tepe-tepe, apalagi ke anak-anak PMK Unpad yang mayoritasnya adalah cewek (mumpung status gw masih pria kesepian high quality jomblo, dan kecengan masih fase 1) ;p. Dan, setelah tiba di Jatinangor, ternyata .... kok ceweknya cuma 2 orang (ada tambah 1 lagi sih, tapi sebentar doang langsung pulang ... duh, belum sempat kenalan lagi). Yup, begitulah nasib saya. Untungnya hal ini bukanlah tujuan utama gw, jadinya gak kecewa :). (mungkin gw sedang direncanakan Yang Di Atas untuk tepe-tepe di sekitar kampus sendiri dan fokus ke satu orang dulu ^_^ ... who knows). JKS berjalan santai, dan sedikit gak jelas karena ketua PMK Unpad yang super duper garink (well done, bang). Oya, karena kesempatan ini juga, gw untuk pertama kalinya naik bus dalam kota Bandung (wah... akhirnya naik Damri juga, jadi ingat masa kecil di Solo ^^’).

Proyek

Di awal masa liburan ini gw cuma punya 1 prospek (belum proyek), tapi tiba-tiba di akhir masa liburan ini gw jadi punya 3 proyek dan 1 prospek (yang berbeda dari sebelumnya).

  • Proyek 1 berupa pembuatan web untuk perusahaan dekorasi dan rangkaian bunga. Klien gw, yang juga bekerja di bagian keuangan STEI, ini mengenal gw dari surat yang gw ajuin ke STEI berkaitan dengan prospek pertama. Yang menarik dari proyek ini bisa dikenal sama ibu-ibu bagian keuangan STEI yang ramah-ramah (siapa tahu punya anak atau keponakan cantik kan bisa dikenalin sama anak muda yang baek, ganteng dan pinter ini *narsis gw kambuh* ... duh, ngurusin proyek tapi tepe-tepe tetep jalan ;p ... he3). Semoga beres deh ^_^
  • Proyek 2, membangun website sebagai media komunikasi untuk Open Source Software Competence Center (Pusat Pemberdayaan Open Source Software), sebuah proyek dari dosen Informatika untuk mengenalkan Open Source ke masyarakat awam sebagai alternatif solusi teknologi informasi. Yang menarik dari proyek ini adalah bisa mengenal dan dikenal lebih lagi oleh beberapa dosen, dan (kalau nanti berkembang sesuai rencana penggagasnya) ini bisa menjadi proyek berskala nasional. Wow... selamat bekerja :)
  • Proyek 3, kembali ke ... game online ular tangga mobile. Sebenarnya gw sempat terlibat dalam proyek ini akhir tahun lalu (saat inisiasi), tapi akhirnya gw pamit dari tim karena pada saat yang bersamaan gw menjadi ketua panitia Natal PMK. Namun, dua hari yang lalu, Joel, teman gw yang menggantikan posisi saya, mengalami musibah yakni hardisk-nya terbakar, padahal dia sedang ada proyek lain yang deadlinenya 2 minggu lagi (semangat ya, bro). Akhirnya, dia menelefon gw untuk menggantikan posisi dia. So, I’m back. (woi ... eksplorasi GASP dan J2ME woi .... jangan blogging melulu .... >_< !! )
  • Prospek yang gw awalnya adalah pengembangan website program studi (prodi) Informatika ITB. Usulan ini sudah disetujui oleh ketua prodi IF. Tapi, saat bertemu dengan kepala sumber daya informasi STEI, usulan ini ditolak secara halus. Akhirnya, gw mencoba melobi baik-baik (penampilan rapi dan meyakinkan, perilaku sopan, dan senyum ^_^), dan gw dapat prospek yang lebih besar ... pengembangan website STEI beserta 2 prodi dan 9 kelompok keahlian (kk) di bawahnya. Wow .... semoga analisis dan proposalnya selesai pertengahan bulan depan.

Gw gak nyangka sama sekali sih, bakal ngurusin hal-hal di atas. Gampang-gampang susah. Asalkan optimis, kerja keras, dan tetap berdoa, gw yakin bisa. Semoga nantinya happy ending :). Wish me luck.

--

YOOOOOOOW .... (loh, ketularan gayanya IvanKur) begitulah liburan gw kali ini, mungkin tampak biasa-biasa saja ya. But, life must go on ( ... ga nyambung yah ?) Apapun liburan yang kita alami, harus disyukuri. Mungkin ada sesuatu yang bisa sedang direncanakan Tuhan dalam liburan ini. So, selamat berakhir pekan dan selamat menyongsong semester yang baru. God bless you all.

7 comments :

  1. waow. banyak juga kegiatan lo ya.
    mending lah dari gw yang kerjaannya donlot, nonton, donlot, nonton. hehehe...

    ReplyDelete
  2. ^:)^ sugoi ne~
    Seperti biasa, jangan lupa makan-makan(tm) :D

    ReplyDelete
  3. @ruanee:
    hehehe... emang banyak...
    maksudnya, banyak gak jelasnya :p

    @roberto:
    gak ada kata-kata laen apa ??

    ReplyDelete
  4. hapenya... sony ericsson p990i aja... huhahahaha

    ReplyDelete
  5. @xuxu:
    bener juga sih, sesuai spec ...
    tapi harganya masih selangit ... T_T
    *masih mahasiswa neh*

    ReplyDelete
  6. Lho.. itu liburannya seru, banyak banget yang bisa diceritain.. :D

    Btw yang imagine cup itu emang aneh. Gak keluar2 capatchanya. Apa karena koneksi kampus yang suka aneh ya?

    ReplyDelete
  7. @bram:
    lagi pengen cerita aja, jadi keluar banyak ... banyak gak jelasnya :p

    iya .. jgn2 itebe disabotase kampus laen <_<
    * halah, paranoidnya keluar -_-' *

    ReplyDelete