251144

Adakah yang tahu angka di atas itu kode apa?

Tanggal lahir gw? Oh, jelas bukan! Tanggal lahir saya tuh nomer cantik ^_^
Nomer telefon rumah saya? Bukan. Di Bandung tuh 7 digit ;P
Nomer PIN ATM saya? Duh, gak mungkin lah saya posting nomer itu -_-'
Jumlah pengunjung blog ini? Hehehe.. ngarepnya sehh lebih.. :P
Nama kecengan saya yang dienkripsi? Euw.. mikirnya dah kejauhan nih.. o_O'


*Gri, lu mau nulis tentang apa sih? Geje banget gini >_<*


Oke..oke.. langsung saja deh ^_^, 251144 itu kode jurusan teknik informatika itb di spmb... Kode yang pernah bikin saya deg-degan tentang masa depan saya setelah lulus sma... Kode yang bikin anak-anak sma waktu itu merasa 'wew' saat melihat katalog di kit spmb...

Ternyata sudah tiga tahun yang lalu, saya mengalami ujian yang bernama seleksi penerimaan mahasiswa. Hari ini adalah hari pengumuman hasil spmb 2007. Peserta bisa melihat hasilnya melalui spmb.or.id sejak pukul 20.00 atau melalui koran besok pagi hari ini. Beberapa jam yang lalu, adik kelas saya (eh, sebenarnya cuma sama-sama alumni smp st. michael aja sih.. mungkin lebih tepatnya, kakak kelas dari adik saya saat smp :) mengirim sms katanya dia lulus spmb dan diterima di stei itb. Dari smsnya, bisa ditebak bahwa dia sedang sangat bahagia *ya iya lah, apalagi dia diterima di salah satu fakultas idaman di negeri ini ^_^'*. Perasaan yang sama mungkin sedang dialami ribuan orang lainnya yang sudah memastikan hasil ujiannya hari ini. Sebagian lainnya mungkin masih deg-degan memastikan hasilnya lewat koran besok hari ini. Yang lain, mungkin sedang bersedih atas kegagalannya. Well, apapun hasilnya serahkan saja pada Tuhan, biarlah Dia yang mengatur masa depan kita ^_^. Setuju?!

Sedikit cerita tentang kisah saya di spmb 2004, saya termasuk orang yang beruntung bisa lulus ujian itu. Ketika orang-orang lain ikut bimbel persiapan spmb, saya malah hanya 'liburan' di rumah dengan bermodalkan buku kumpulan soal spmb (dan nama sebelumnya) sejak 30-an tahun yang lalu, serta playstation one (?). Saya merasa lebih santai saja ketika bisa belajar di rumah sambil makan cemilan, lalu main WE, THPS, atau DDR di playstation saat mencapai titik jenuh/suntuk :). Sempat mencoba ikut try out dua kali, hasilnya: yang pertama gagal, yang kedua "hanya" lulus pilihan kedua. Mungkin hasil try out ini merupakan salah satu hal yang memicu saya untuk belajar lebih serius supaya lulus pilihan pertama. Keberuntungan ini bertambah lagi ketika ada teman saya yang mau mengantar saya ke Sabuga untuk mengembalikan formulir sama-sama. Lalu, ada teman lain yang mau mengantar saya ke tempat ujian di daerah Solontongan, karena kebetulan tempat ujian kami berdekatan padahal dia sebenarnya ga niat ikut spmb. Wew, kalau gak ada mereka, saya mungkin gak ikut spmb karena saat itu saya gak tahu Sabuga itu tepatnya di mana, apalagi Solontongan?! ^0^ *hahaha... parah gini -_-'* Di hari pertama saya berhasil membabat soal matematikanya, tapi di hari kedua dibabat soal biologinya ~_~'. Fiuh... semuanya diserahkan ke Tuhan saja.

Beberapa minggu kemudian, seperti peserta ujian lainnya, merasa dag dig dug menunggu waktu pengumuman hasilnya. Waktu itu saya malah berpikiran begini "wah, harus sering-sering berbuat baik nih, siapa tahu diberkati dengan lulus spmb".. *hehehe, pikiran yang konyol*. -Kalau kita sudah melakukan yang terbaik dan menyerahkan hasilnya ke Tuhan, Dia pasti memberikan yang terbaik juga untuk kita, bisa sesuai dengan keinginan kita ataupun bisa juga tidak-. Yah, saat itu saya belum menyadari hal ini... ~_~'. Saat hari pengumuman, saya coba beberapa kali melalui internet, tapi sistemnya gagal menampilkan hasilnya. Mungkin saat itu server spmb tidak cukup robust untuk menangani request puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu pengunjung. Keesokan harinya, barulah saya melihat hasilnya melalui koran Pikiran Rakyat, dan tada.... di situ ada nama dan kode peserta saya, serta kode 251144 !!! Praise God! Saya lulus pilihan pertama saya (yang notabene saat itu merupakan jurusan idaman no1 di negeri ini) *wah, narsis nih :P*, dan bukan lulus di pilihan kedua (yang notabene jurusan idaman no2 saat itu, hehehe... you know lah, jurusan XX... :P). Dalam menentukan jurusan, saya hanya mempedulikan minat, tanpa melihat peluangnya. Hasilnya, pilihan 'gila'! ;D. Malah dulu sempat berpikiran, "kalau gak lulus pilihan pertama, mending masuk perguruan tinggi cadangan saja.. meskipun gengsinya kalah jauh, tapi masih di informatika"... hehehehe, sekali lagi, mungkin pikiran yang 'konyol' :P. Yang pasti, pagi itu dan selama berhari-hari berikutnya saya merasa sangat bahagia sekali. ^_^

Sayangnya, sejak tahun lalu sudah tidak ada lagi kode 251144 dalam pilihan spmb. Hal ini dikarenakan penggabungan teknik informatika dan teknik elektro itb ke dalam satu fakultas, yakni sekolah teknik elektro dan informatika (stei) itb. Btw, sekarang kodenya berapa ya? Anw, selamat datang buat teman-teman baru stei 2007 ^_^.

Nah, buat teman-teman yang lulus spmb hari ini, saya ucapkan selamat. Jangan sia-siakan kesempatan yang sudah kalian dapat di perguruan tinggi tujuan kalian. Yang tidak lulus, menangislah bila harus menangis, tapi jangan terus larut dalam kesedihan. Tidak lulus spmb bukan berarti kiamat, masih ada jalan lain untuk merangkai masa depan.

Gb!

9 comments :

  1. Hahaha.. setengah hati ikutan spmb tetep aja ikutan gara-gara hoki lingkungan mendukung.. lolos lagi, ckckck.. -_-;
    Wah nggri, kayanya orang yang ngeluarin effort ekstra, mati-matian belajar ato ikut bimbel kek, tapi ga lolos spmb bisa-bisa sakit hati tuh denger ada orang kaya kamu. Hehehe.. :D

    ReplyDelete
  2. @dyah:
    duh, kesimpulanmu salah tuh.. siapa bilang saya setengah hati ikutan? o_O'

    gw memang gak pernah berpikiran "lulus spmb atau mati" :P .. tapi toh itu tidak berarti gw setengah hati kan ^_^'

    emang sih, persiapan gw 'hanya' belajar dengan effort ekstra selama 3 tahun (gak cuma 2 bulan loh ;), otodidak dengan buku soal yang super tebal itu, dan berdoa..

    sori deh, kalo emang ada yg sakit hati gara-gara ini =)

    ReplyDelete
  3. Wew... Tadi siang aku di-sms adik kelasku, menyatakan dia lulus di STEI ITB. Aku senang, akhirnya, ada juga yang mengikuti langkahku, huehehe... Secara, dari SMA-ku itu, aku orang pertama yang lulus di 251144, hehe...

    Hmm... Ternyata banyak juga ya yang lulus di 251144 yang kalo diliat kaya orang ga niat gitu SPMB-nya. Nyantai2, males2an... Aku gitu soalnya, huehe...

    ReplyDelete
  4. @reisha:
    kita sama dong, satu-satunya dari SMA asal kita masing-masing yang lulus di 251144 (sekarang kan kode itu dah gak dipake lagi :)...

    wah, emang gw keliatan kayak orang ga niat ya? hehehe... ~_~'

    ReplyDelete
  5. kyyaaa...tadinya pas pengumuman spmb kmaren mu posting pengalaman bertaun2 lalu juga..ehh..keduluannn...aaarrgghhhh!!
    hahh,,sulit memang memahami cara orang yang udah genius,belajar buat satu even bernama spmb,,..
    jadi inget jaman dl temen satu bimbel gw malah tidur tiap guru nerangin di ssc,,tapi eh tapi,,tu anak lulus juga di salah satu PTN favorit dgn jurusan yg favorit juga..siall..sialll...ga ada yg tau memang apa yg terjadi di dalam..
    inget ga nggri pengumuman spmb 3taun lalu itu tgl 12 agustus bukan?
    tu hari terindah gw sepanjang tahun 2004 kayanya,,,dan hari itu juga gw dapet SIM A & C...hehe

    ReplyDelete
  6. @tika:
    gw gak sejenius itu kalee.. -_-'
    buktinya, tetep harus belajar menjelang ujian tuh ^_^;

    yg sulit dipahami tuh mungkin cara Tuhan meluluskan seseorang di spmb... katanya ada banyak loh orang-orang yang sangat pintar tapi gak lulus spmb... intinya, semua karena anugerah-Nya dan pasti ada rencana-Nya.. so, jangan disia-siain aja.. ^_^

    udah ah, lulus spmb itu kan cuma awalnya doang.. ada yang lebih penting kok, yaitu bagaimana saat kuliah di dalamnya.. tetap cemerlang atau berantakan.. :P

    Gb!

    ReplyDelete
  7. Ga pernah lupa gw itu kode apaan. Kode yang pertama kali memberi gw kesempatan untuk majang nama gw di koran... bersama 80 ribu peserta spmb lainnya yang lulus juga. Hehe.

    Not too long again, my name will be in the headline! :p

    ReplyDelete
  8. saya tau kaaaaakk..
    stei = 253642. hehehe. udah diafalin berjam2 sbelum pengumuman spmb. e keterusan de sampe skarang ngga bisa lupa.. hoho

    ReplyDelete