Seminar Open Source

Sabtu lalu, 20 September 2008, HMIF mengadakan seminar berjudul "Open Source, a New Way for Education". Seminar yang diadakan di Auditorium Campus Center Timur ITB ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta. Kebetulan saya dan teman-teman developer OSGX lainnya (Wisnu, Paul, Ahmy) turut diundang menjadi pembicara di seminar tersebut, selain Dr. Benhard Sitohang (bos POSS ITB) dan Pak Rusmanto (bos InfoLinux).


Ada beberapa hal yang spesial di acara seminar itu. Seminar tersebut merupakan seminar umum pertama di mana seorang Anggriawan Sugianto menjadi pembicara (harap dicatat, nama saya bukan Anggriawan Sugiarto seperti tertulis di sebagian publikasi :). Berbeda dengan pelatihan/training, untuk membawakan materi dalam suatu seminar, saya belum mempunyai pengalaman, kecuali di seminar Tugas Akhir saya :P. Di sesi yang dimoderatori oleh Dr.techn.Saiful Akbar (*penguji TA saya loh*) kemarin, saya membawakan materi berjudul "Open Source Application in Education" yang sebenarnya presentasi tentang OSGX :), lalu disambung oleh Wisnu membawakan materi "Remastering". Puji Tuhan, kemarin semuanya berjalan lancar, meskipun tempat seminar sempat dipindah karena ada sedikit masalah listrik.

Hal spesial lainnya adalah OSGX Release Party. Di acara seminar ini, dibagikan Live CD (atau Live DVD ya?) OSGX 1.0 Basic Edition dan OSGX 1.0 Informatics Edition (* sebenarnya ada beberapa dvd OSGX 0.8.1 Full Edition juga sih :) *). Bagi yang belum tahu, OSGX merupakan distro Linux buatan mahasiswa IF ITB (iya, bikinan saya, wisnu, paul, ahmy :) yang ditujukan bagi civitas akademik, khususnya di ITB. Jadi, di dalam bundel OSGX itu sudah tersedia berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan dan kebutuhan sehari-hari. Bagi yang ingin mengetahui informasi tentang OSGX lebih jelas, silakan bergabung bersama kami di OSGX Community :).

Akhir kata, cuma mau bilang.. Gunakan software legal!! Gak peduli produk Microsoft atau open source, yang penting legal :). Saya sih pilih yang open source :).

cheers...

    3 comments :

    1. awak kapan yah bisa ngisi seminar....

      selain seminar TA, tentunya :P

      ReplyDelete
    2. Hai, saya Fitri dari UPI. Pengen bikin skripsi tentang pengaruh bikin blog terhadap prestasi belajar, yea semacam itu. Saya baca katanya dulu sempat diwajibkan buat blog ya. Jika berkenan, saya mohon informasi lebih lanjut. Terima kasih banyak jika mas anggriawan mau merespon. Saya tunggu di puterimatahari.wordpress.com atau saya kunjungi mas di blog ini. Sekali lagi, terima kasih :)

      ReplyDelete