3G: AXIS vs IM3

Saat ini hampir semua operator telekomunikasi di Indonesia memberikan layanan 3G kepada pelanggannya. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan transaksi data digital semakin tinggi. Operator telekomunikasi yang memberi layanan 3G, antara lain:IM3 dan AXIS, yang kebetulan keduanya saya gunakan.

Berikut ini perbandingan layanan 3G dari IM3 dan AXIS berdasarkan pengalaman saya.

1. Kecepatan
Beberapa hari yang lalu saya membandingkan kecepatan Internet 3G IM3 dan AXIS di kampus ITB. Percobaan tersebut saya lakukan sekitar jam 4 sore di hari kerja. Hasilnya sebagai berikut:
  • IM3: 121 kb/s (download) dan 30 kb/s (upload)
  • AXIS: 368 kb/s (download) dan 49 kb/s (upload)
Hasil dari speedtest.net di atas menunjukkan bahwa kecepatan download AXIS 3x lebih cepat dari IM3 !! :)

2. Tarif
Tarif IM3 dan AXIS adalah sebagai berikut:
  • IM3: Rp 1/Kb (volume-based), Rp 100/menit (time-based)
  • AXIS: Rp 0,7/Kb
Sekarang AXIS sedikit lebih murah dari IM3. Btw, kok di situs resmi keduanya ditulis '/Kb' ya? Bukan '/KB'? Semoga ini memang salah tulis.. @.@

3. Jangkauan
Jangkauan sinyal 3G IM3 lebih baik dari AXIS. Hal ini mungkin dikarenakan jumlah BTS yang dimiliki IM3 jauh lebih banyak. Buktinya, di rumah saya (di Baros, Cimahi) tidak ada sinyal 3G AXIS, sedangkan sinyal 3G IM3 ada. Sinyal AXIS di Cimahi hanya sebatas EDGE. T_T

4. Reliabilitas
Dari segi reliabilitas, menurut saya keduanya berimbang.
  • Dari pengalaman saya dan beberapa teman saya menggunakan GPRS AXIS, Internet AXIS (GPRS) sering putus sekitar di menit ke-10, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Saya belum sempat membandingkan reliabilitas layanan 3G-nya, mungkin tidak berbeda dengan GPRS-nya.
  • Sedangkan kekurangan IM3 adalah sering tidak bisa YM !! Ya, IM3 sering sekali memblok koneksi Yahoo Messenger. It's pathetic.. :|
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memilih operator yang memberi layanan 3G. :)

God bless you..

13 comments :

  1. sekalian bandinginnya.. seputar 'customer service'
    tapi kuantitatif :
    - waktu akses (mulai menghubungi nomor layanan sampai terhubung ke operator yang sesuai)
    - waktu layanan (catatan selang waktu mulai dilayani customer service sampai telepon diputus)
    :D

    ReplyDelete
  2. m3 bisa kok bun dipake ym-an.. wkt aku di bali aja bisa.. wkt itu aku lebih serink internetan pake m3, soalna lebih gak sering dece.. hehe.. kynya masalahnya ada di "peredam sinyal" yg ada di rumahmu bun ;D

    ReplyDelete
  3. Wahhh setuju bgt tuh..IM3 parah bgt buat YM-an, masa baru bisa YM-an jam 12 mlm hahahaha..
    Mau ganti nomor tp nih nomor gw pake 7 thn lebih, jd sayang hehehe..

    Btw emangnya axis bagus ya buat YM-an?

    Regards,
    Anton

    ReplyDelete
  4. @peb:
    sip, bos.. nanti kalau sempat, saia iseng-iseng ngetes CS nya.. ;D

    @shieny:
    gak kok shien.. kalau kamu pakai im3 sekarang, pasti jarang banget bisa YM deh.. sudah banyak yang mengalami hal yang sama..

    @Anton:
    setidaknya Axis selalu bisa untuk YM.. :)

    ReplyDelete
  5. Kalau dibandingkan dengan Indosat M2?

    ReplyDelete
  6. @Lex dePraxis:
    wah, ga tau ya.. saia belum pernah mencoba IM2..
    ada yang mau beri saia donasi?? :)

    ReplyDelete
  7. Kalau YM agak sulit pakai IM3 mungkin aplikasinya aja jadi pakai ebbudy gitu...
    Pasti bisa masuk dan tidak putus-putus

    ReplyDelete
  8. @Anonymous:
    hoho.. thx buat infonya..
    memang salah satu solusi buat ngakalin YM yang diblok IM3 itu ya pakai messenger lain yang gak langsung konek ke server Yahoo via port 5050.. :)

    ReplyDelete
  9. Gprs Axis sering putus!
    Trus coba conek lagi g bisa..
    Harus restar hp..
    Lama2 hp q jebol ni kayane..
    Da yg Punya solusi g?

    Ym M3 baik2 saja menurut Q

    ReplyDelete
  10. coba axis ada pocer internet jga...
    wah GUA BORONG... :D

    wajar axis cpet, soalnya masi sepi..
    liat ja ntar pas dah byk yg pk

    ReplyDelete
  11. Im3 kalo mau cetingan pake nimbuzz aza...dijamin oke dan oye

    ReplyDelete
  12. axis cepet sih..tp sering dc gilaaaaaa...bikin esmosi dahhh....

    ReplyDelete
  13. Right here is the right website for everyone who would like to find
    out about this topic. You understand a whole lot its almost hard to argue with you (not that I actually will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject that has been written
    about for decades. Great stuff, just great!

    Also visit my blog post ... personal injury claims

    ReplyDelete