Kekurangan Linux

Saya hanya berusaha seobjektif mungkin dalam mengulas suatu teknologi, sehingga tidak terkesan seperti salesman yang hanya bisa memaparkan kelebihan produknya ;D.

Tiada gading yang tak retak. Selain memiliki berbagai keunggulan yang bermanfaat untuk pribadi maupun korporat, software open source (dalam hal ini, sistem operasi Linux) juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan dari Linux (jika dibandingkan dengan Windows) adalah sebagai berikut:

1. GAME
Belum ada perusahaan game sekelas Blizzard, EA Sports, dsb yang menyediakan gamenya dalam versi non-Windows. Mereka seolah-olah hanya mengenal satu sistem operasi, Windows. Hal ini bisa dimaklumi karena pasar sistem operasi sekarang masih dikuasai oleh Microsoft. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang gamer mania, saya pikir Anda tidak bisa migrasi total ke Linux. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti tidak ada game di Linux. Ada banyak game yang bisa dimainkan di Linux, bahkan ada yang open source, meskipun mungkin tidak semenarik yang bisa dimainkan di Windows.

Solusi: Jika Anda tetap ingin migrasi ke Linux, coba jalankan game tersebut dengan Wine, yakni software yang bisa mengemulasikan lingkungan Windows di Linux. Ada banyak software Windows-based yang bisa dijalankan di Linux. Di sana disebutkan bahwa Warcraft III pun bisa dimainkan di Linux, meski sayangnya belum bisa DotA. Btw, apakah game Anda legal, bukan bajakan? :)

2. HARDWARE
Hampir semua vendor hardware menyediakan driver untuk Windows. Hal ini lah yang membuat Windows kompatibel dengan berbagai hardware. Dengan market share Windows yang luas, vendor hardware akan out of business jika tidak membuat driver untuk Windows. Sayangnya, belum berlaku hal yang sama jika mereka tidak membuat driver yang cocok dengan kernel Linux. Meskipun demikian, saat ini sudah makin banyak vendor hardware yang membuat driver untuk Linux.

Solusi: Tukar-tambahkan saja hardware Anda dengan hardware yang sudah didukung Linux, atau belilah lisensi Windows asli. Silakan lakukan perhitungan yang cermat, mana yang lebih menguntungkan? :)

3. BELUM BANYAK PENGGUNA
Dengan Windows, saat Anda mengalami masalah, Anda bisa langsung bertanya siapapun apakah pernah mengalami masalah yang sama. Hal ini dikarenakan hampir semua orang di bumi ini tahu dan menggunakan Windows.

Solusi: Jika ada masalah, silakan cari solusinya di forum-forum diskusi Linux, milis Linux, atau channel IRC tertentu. Saat ini sudah banyak grup, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, yang akan dengan senang hati membantu Anda mengalami masalah dengan Linux.

Semoga bermanfaat... :)

5 comments :

  1. Eiya, sebenernya ada juga game bagus di linux sih. Lately baru nemuin beberapa studio game yang bikin game berbayar untuk linux. Ni contohnya:

    http://savage2.s2games.com/main.php

    keren menurut gw. Dijualnya dengan harga super miring ($5). Tapi awa belum beli, ga punya akun paypal. Jadi kalo menurut gw, si S2games mah bolehlah di-sekelas-kan dengan Blizzard. Cuma emang masih dikit banget yang model gini.

    ReplyDelete
  2. @qbl:
    sepertinya dalam jangka waktu dekat belum banyak gamedev yang akan melirik linux, terutama untuk game yang kita bayar untuk lisensinya.. soalnya, pengguna linux biasanya sudah keenakan dengan free-as-in-beer di linux.. mungkin untuk developer game-game yang kita bayar untuk vouchernya bisa mulai merambah linux..

    ReplyDelete
  3. setau gw kernel linux itu operating system yang mendukung hardware paling banyak di muka bumi...

    apalagi bwt laptop gw yang cd drivernya udah hilang entah kemana... linux satu2nya pilihan....

    ReplyDelete
  4. waahh!! q bngung ttap pke windows pha linux ya..??

    ReplyDelete