Kenapa Linux?

Saat ini Linux sudah menjadi sistem operasi utama saya. Setiap kali saya menyalakan laptop, secara default dia akan menjalankan sebuah sistem operasi yang sifatnya free dan open source, Linux. Distro Linux yang saya gunakan saat ini adalah Ubuntu 8.10 (untuk laptop), selain OSGX 1.0 Informatics tentunya (untuk komputer di rumah :).

Belum banyak orang menggunakan Linux sebagai sistem operasi utamanya. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa saya berani menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama saya.

1. Free

Gratis..tis..tis.. Kita bisa mengunduh, menduplikasi, membagi-bagikan, dan menggunakan sistem operasi Linux secara bebas, tanpa kuatir kita akan melakukan pelanggaran HAKI. Dengan demikian setidaknya ada 2 manfaat dari hal tersebut:
a. Menghemat uang sebanyak ratusan US$, yang mana sebagian besar uang tersebut akan masuk ke negara lain, tidak akan beredar di Indonesia. Semoga saja uang tersebut tidak digunakan untuk menjajah bangsa kita di bidang ekonomi.
b. Menghormati HAKI dengan tidak melakukan pembajakan. Saya rasa hal ini akan mengurangi dosa dan membawa pahala :).

2. Open Source

Tidak puas dengan distro Linux yang sekarang ada? Kita bisa memodifikasi Linux semaunya, lalu membagi-bagikannya ke teman-teman Anda. Hal ini legal! Mau dinamai dengan nama yang anehjuga boleh, misalnya JamuPegeLinux :P. Hal memodifikasi distro Linux ini pernah saya lakukan bersama teman-teman saya, yang akhirnya menghasilkan OSGX, sebuah distro Linux buat civitas akademik ITB :).

3. Tampilan

Banyak orang yang berpikir bahwa Linux identik dengan sebuah layar hitam dengan baris-baris kode bagai di film The Matrix, yang hanya akan dimengerti oleh orang-orang nerd :P. Hahaha,,, kalau itu maksudnya Terminal/Console, yeah that's an art on Linux :P, but fortunately it's not only for nerd :). Tapi tahukah Anda, bahwa Linux itu juga memiliki tampilan yang sangat manusiawi :). Dengan dukungan desktop environment, seperti GNOME atau KDE, Linux tidak akan semengerikan yang Anda bayangkan. Bahkan dengan dukungan dari Compiz Fusion, saya jamin tampilan Linux lebih bagus dari Windows!! Bahkan tampilan Linux tidak akan kalah dari Mac OSX yang selama ini diagung-agungkan karena tampilannya yang mempesona :D. Compiz Fusion rocks!!


4. Bebas virus

Hari gini masih kena virus :P. Virus komputer merupakan hal yang paling dibenci oleh pengguna komputer, apalagi jika virus tersebut menyerang berkas-berkas penting kita atau menyerang di saat deadline menghadang. Beruntung, sistem operasi utama saya sebelum Linux adalah Win98, yang mana beberapa virus malah bingung itu makhluk apaan :P. Fyi, saya masih memakai Win98 sampai akhir tahun 2007, hohoho so oldies XD. Meskipun sekarang banyak juga antivirus canggih yang beredar, tetap saja virus sudah ada sebelum antivirusnya ada. Lagipula, coba cek task manager Anda, berapa % CPU & Memory yang dikonsumsi oleh antivirus Anda?? :D. Kabar baiknya, tidak ada virus di Linux!* :)

5. Biar gaya!

Ini mungkin alasan saya yang paling subjektif. Menurut saya, menggunakan Linux itu bikin lebih gaya :D. Seperti pengguna Macbook yang akan terkesan stylish, karena desainnya yang dinilai elegan (meskipun kebanyakan gagap juga saat menggunakan Mac OSX), begitu juga menurut saya pengguna Linux akan terkesan techie atau geek :).

Tertarik dengan Linux? Anda bisa mulai menginstallnya pada komputer Anda, sehingga memiliki dual OS (dua sistem operasi pada satu komputer). Apapun sistem operasinya, yang penting legal! ;)

Tulisan ini ditujukan supaya pembaca memiliki ketertarikan pada Linux, sehingga Linux bisa menjadi sistem operasi alternatif yang patut diperhitungkan. :)

7 comments :

  1. @fajarf:
    kk fajar mau saia bantu install linux? :P

    ReplyDelete
  2. OS mah dimana mana buat di pake nggri bukan buat diinstall doank :))

    ReplyDelete
  3. @fajarf:
    abis diinstall, ya dipake lah.. :P
    btw, gw kan udah bukan student lagi.. ;D hehe..

    ReplyDelete
  4. Linux .. it's about FREEDOM (Kebebasan/Kemerdekaan), not just Free (Gratis). Kebebasan/Kemerdekaan itu tidak Gratis ...! Ada harga yang harus dibayar dan diperjuangkan .

    ReplyDelete
  5. Ya,saya setuju gn anda,saya jg sudah mulai belajar memakai linux ubuntu 9.04

    ReplyDelete