Ikon di Desktop Ubuntu

Kemarin ada pertanyaan salah seorang pengunjung setia blog ini yang disampaikan melalui email (kata 'setia'-nya dicoret, gak mau lebay ah :P). Karena saya rasa jawabannya akan bermanfaat bagi orang banyak, ya saya publish saja di blog. :)
makasie mas.. newbie jg nih.. brusan migrasi penuh ke ubuntu ibex.. ada gak ya cara, buat ngilangin ikon drive yang di mount.. ikonnya keliatan di desktop.. di blog lum dibahas tuh.. hehe
(aulia)
Setelah menginstall Ubuntu, by default di desktop kita akan ada ikon yang menunjukkan drive yang sudah di-mount. Saat kita mencolokkan flash disk atau mount media baru,  di desktop kita akan muncul ikon ke media tersebut. Bagaimana caranya menyembunyikan ikon drive di desktop Ubuntu tersebut?


Gampang kok. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka terminal, lalu ketikkan gconf-editor
  2. Buka /apps/nautilus/dekstop, maka di tampilan sebelah kanan muncul konfigurasi untuk desktop.
  3. Untuk menyembunyikan ikon media yang di-mount, uncheck saja bagian volumes_visible.
  4. Anda juga bisa menampilkan/menyembunyikan dan me-rename ikon lainnya, seperti ikon Computer, Home, Network, dan Trash.
Kasus lain, ada beberapa aplikasi yang selalu saya buka saat menggunakan komputer, seperti Firefox, Pidgin, dan Amarok, bagaimana membuat ikon shortcut aplikasi tersebut di desktop?

Ini lebih gampang lagi, dari Main Menu, cari aplikasi mana yang sering dibuka, klik kanan, lalu Add this launcher to desktop.

cheers...

7 comments :

  1. @fajar:
    skali-kali dikasi yg basbang lah.. biar nyambung.. :P

    ReplyDelete
  2. kk fajar sombong y nggri..

    ReplyDelete
  3. @zamakh:
    emang basbang kok, de.. XD

    ReplyDelete
  4. walo basbang tidak ada salahnya blog anda didaftarkan ke planet ubuntu-id :)
    selamat telah menjadi juara 1 :)

    ReplyDelete
  5. @Milisdad:
    Suatu kehormatan bagi saya jika bisa bergabung di planet ubuntu-id. Sayangnya, sampai saat ini saya tidak pernah berkeinginan seperti itu karena blog ini bukan dibuat untuk membahas mengenai Ubuntu saja.

    Btw, terima kasih ya.. :)

    ReplyDelete
  6. Wah tips yang bagus Mas Anggri, ini yang saya perlukan, kadang pengen banget dektop bersih tapi ga bisa karena tiap kali partisi lain diakses selalu muncul iconnya di dekstop, thx

    ReplyDelete