Belajar Tulisan Korea (Hangul)

Ketika kita ingin belajar bahasa Korea, langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar membaca tulisan Hangul (Han-geul / 한글). Sekedar info, pada zaman dulu kala rakyat Korea menggunakan tulisan Hanja, yang mana identik dengan tulisan Cina kuno. Tulisan Hanja itu termasuk logograf (ideograf), yang mana tiap hurufnya melambangkan suatu kata atau morfem. Untuk fasih membaca dan menulis tulisan Hanja, rakyat Korea perlu menghafal banyak sekali bentuk huruf, akibatnya hanya kaum terpelajar saja yang melek huruf. Lalu, pada pertengahan abad ke-15, Sejong The Great (세종대왕), raja yang memerintah dinasti Joseon di Korea saat itu, memiliki ide bagaimana meningkatkan tingkat literasi rakyat Korea, yaitu dengan cara menciptakan featural alphabet yang mudah dipelajari, Hangul.

Berikut ini saya mau membagikan cara praktis mempelajari tulisan Korea (aksara Hangul). Sebuah karakter Hangul disusun dari 2 atau lebih unit. Unit tersebut terdiri dari beberapa konsonan dan vokal, yaitu:

14 konsonan dasar + 5 konsonan ganda

gndrmbs-jchktph
kkttppssjj

6 vokal dasar + 15 turunannya (+i, +y, +w)

aeooueuiaeeoewiui
yayeoyoyuyaeye
wawowaewe

Cara penyusunan unit-unit tersebut umumnya atas→bawah, atau atas→kanan→bawah. Supaya lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini:

Penempatan unit tulisan Hangul – © Wikimedia

Dari gambar di atas, perhatikan juga bahwa ada beberapa konsonan yang akan berubah bunyinya jika ditaruh di bawah (final), antara lain:
  • ㄹ: dari 'r' jadi 'l'
  • ㅇ : dari tanpa suara jadi 'ng'
  • ㅅ : dari 's' jadi 't'

Pengucapan konsonan pada Hangul mirip dengan konsonan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk vokalnya, perhatikan contoh penulisan bahasa Indonesia menggunakan tulisan Hangul di bawah ini:

eogosong거성
ootomatis오토마티스
euemas으마스
aeestetika애스테티카
eemansipasi에만시파시


Sebagai latihan, silakan baca beberapa kalimat dasar berikut ini:

안녕하세요
= hai!

당신은 아름답습니다
= kamu cantik

저는 [____]  입니다
= nama saya [____]

감사합니다
= terima kasih

Kesimpulannya, untuk menguasai Hangul, sebenarnya kita cuma perlu menghafal 20 bentuk unit saja, 14 konsonan dasar + 6 vokal dasar. Selebihnya, kita cukup memahami pola improvisasi pada tiap unit tersebut, apakah didobel, +i, +w atau +y. Hal ini lah yang membuat tulisan Korea (Hangul) sangat jauh lebih mudah dipelajari daripada tulisan Cina atau Hanja. Semoga tulisan singkat ini bisa membantu Anda mempelajari tulisan Korea, khususnya bagi Anda yang berkesempatan jalan-jalan di Korea :)

King Sejong Statue @ Gwanghamun, Seoul

"가는말이 고와야 오는말이 곱다"
Sweet responses are begotten from sweet words.

--
Update:
Belajar membaca tulisan Korea dalam waktu 15 menit:


398 comments :

  1. apa susah belajar bahasa korea? karena sy pgn bgt bisa ngerti apa yg diomongin artis korea di drama..:(

    ReplyDelete
  2. @yohanes: mau juga dong ke malaysia :p

    @anonymous: mungkin perlu banyak latihan & perbanyak perbendaharaan kata, seperti halnya biar bisa ngerti dialog film berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ^^'

    ReplyDelete
  3. kya kya kyaaa
    k anggri banyak sekali ilmunyaaa
    makaci share nya k anggri

    ReplyDelete
  4. wah ternyata gampang ya, tinggal susun huruf.. ga kaya kanji yang udah ngalamin transformasi begitu jauh dari cerita imajinasi penciptanya >_< eh sekarang di Korea toh?

    ReplyDelete
  5. Yup. Menurutku Hangeul itu huruf yang paling mudah dipelajari di Asia Timur. Sekarang sih masih di Indonesia. Waktu itu lagi business trip ke Korea aja. Kamu di Jepang kan? Bisa tuh kalau liburan main-main ke Korea :D

    ReplyDelete
  6. maap, mo nanya, gmn caranya bedain nulis huruf t ya? kan ada banyak tuh cara nulis t di akhir

    ReplyDelete
  7. Yup, ada beberapa huruf yang kalau ditaruh di akhir jadi dibaca 't' : digeut ㄷ, siot ㅅ, jieut ㅈ, chieut ㅊ, tieut ㅌ, hieut ㅎ. Yang paling sering dipakai sebagai akhiran 't' sih, setahu saya, siot ㅅ. Tapi, cara yang paling benar: harus tahu konteks kata yang dipakai apa :)

    ReplyDelete
  8. Lorinsani siahaanJuly 18, 2011 at 6:23 PM

    kkkkkkeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnn 

    ReplyDelete
  9. tulisan korea nya nelson.
    tolong buati dong..

    ReplyDelete
  10. Nelson = 넬손Silakan coba-coba sendiri pakai transliteration tool: http://www.sori.org/hangul/conv2kr.cgi

    ReplyDelete
  11. aq pingen ngemeng bahasa korea aja susah B.G.T,gugh kayak bahasa indonesia.dikorea ada huruf vokal dan lain2 sedangkan diIndonesia mana ada ,paling jga bwat nyanyi!!!!

    ReplyDelete
  12. hei there..
    kenapa huruf " F " g ada di hangul??
    trus gimana ns kalo aku mau nulis Fachry??
    please answer..

    oh ya, gimana caranya kalian ada di korea??
    apa ada jaringan atau apa untuk pergi kesana??
    I want too..
    hehe..

    ReplyDelete
  13. f biasanya diganti dengan p (ㅍ)v biasanya diganti dengan b (ㅂ)

    ada yg liburan, ada yg kuliah, ada juga yg kerja di korea

    ReplyDelete
  14. hai there
    q mw tw d sna krja.na aph ajh????

    brapa ongkos prgi k sna???

    ReplyDelete
  15. untuk nulis hangeul sih udah bisa,
    bagaimana cara yang mudah untuk belajar bahasa korea? nyari artinya aja susah.

    ReplyDelete
  16. thank you

    ReplyDelete
  17. nulis hangeulnya bisa, tapi belajar basa korea nya sulit , artinya aja beda - beda

    ReplyDelete
  18. thanks ,, ni bsa bot referensi q bLjar bhsa korea ^^

    ReplyDelete
  19. dha tahu cra nk tulis tp bunyi huruf xtahulh... :)

    ReplyDelete
  20. Syafitriwulandari62August 27, 2011 at 10:05 AM

    baca hangul nya sih udh bisa.......
    tapi menyusun kalimat yang belum bisa....
    caranya gmana sih.?

    ReplyDelete
  21. berbicara dalam bhs korea..........
    agak sulit
     

    ReplyDelete
  22. hurufnya sulit dhafal. tpi klo bahasa sehari"nya mudahh !!!! 

    ReplyDelete
  23. mudah dimengerti

    ReplyDelete
  24. sebenarny lbih suka belajar bahasa korea drpda tulisan ny :)

    ReplyDelete
  25. please help me..dibawah ini apa artinya?

    chonun tangsineun grewoyo... tangsinieun maesijirul ikreun whiemangnungunde????

    thx before

    ReplyDelete
  26. aaaahh ga ngertii

    ReplyDelete
  27. ya lumayan,,walaupun masih belum terlalu ngerti

    ReplyDelete
  28. jual software bahasa korea lengkap dan mudah dimengerti,anda tinggal klik2 menu2nya z,ada huruf hangul beserta pengucapannya,pola kalimat,dsb...minat,hub.08782505851

    ReplyDelete
  29. truspengiriman bwt luar kota gmna??

    ReplyDelete
  30. pehhh!!!tak paham aku~~~~~

    ReplyDelete
  31. susah r na pham....guane na gi korea kalo gini....hurmmm

    ReplyDelete
  32. susah99.....guane na gi korea taon dpn....

    ReplyDelete
  33. ajri aku bahasa korea napah pah  ..........

    ReplyDelete
  34. macam mane nak eja kalau susah macamni saya bru darjah tiga

    ReplyDelete
  35. best lagi belajar bahasa korea dari bahasa jawi.................

    ReplyDelete
  36. thanks for the writing

    ReplyDelete
  37. mcm mne nk tulis nama saye dlm bahase korea?
    nama saya ialah Aisyah Jazilah Samsudin

    ReplyDelete
  38. ape maks0d yg awak tulis tu?

    ReplyDelete
  39. gak ngerti....

    ReplyDelete
  40. 안녕하세요
    저는 leoni tasya 입니다

    ReplyDelete
  41. klo nama itu pakai hangeul juga ya kak???

    ReplyDelete
  42. namaku pake 'V', terus nulisnya gimana??

    ReplyDelete
  43. Kak, kalau nulis nama orang pakai huruf Hangul gimana?

    ReplyDelete
  44. kak aku belum ngerti ni cara bacanya
    bisa kah memperjelasnya

    ReplyDelete
  45. hangul nama ku ga bisa ya.. :(

    ReplyDelete
  46. 안녕하세요, 디아길 입니다. 반갑습니다 ^^

    ReplyDelete
  47. tolong ajarin dong belum ngerti....!!!

    ReplyDelete
  48. kak, bisa tolong bantu sya tulis nama saya dalam tulisan Hangul ?
    nama saya Katherine :)
    thx before

    ReplyDelete
  49. Shin Seul Rin :D
    Tulisannya gimana nih ?

    ReplyDelete
  50. nadia syafiqah

    ReplyDelete
  51. ye..ye...xfaham langsung!

    ReplyDelete
  52. gak ngerti sumpah -___-"

    ReplyDelete
  53. allhamdulillah ngerti

    ReplyDelete
  54. gomapseumida. . . i can understand .

    ReplyDelete
  55. CutputroeintanzaharaOctober 24, 2011 at 10:32 PM

    saya tidak paham tolong ajar lagi ya

    ReplyDelete
  56.  bingung ..
    -__-

    ReplyDelete
  57. ini tambahan referensi belajar bahasa korea gan.. kunjungi ya.. http://lean-hankuko.blogspot.com/

    ReplyDelete
  58. sedikit bingung tapi lumayan lah. gomawoyo hehe

    ReplyDelete
  59. ternyata bahasa korea ittu mnyenangkan :D

    ReplyDelete
  60. Raflyf4_skaypeanutsOctober 30, 2011 at 9:02 PM

    saya ingin belajar menulis korea

    ReplyDelete
  61. gamsahabnida..........

    ReplyDelete
  62. ya udah gag usah marah2 donk !!

    ReplyDelete
  63. gag sopaan ..

    ReplyDelete
  64. makasih, awalnya memang bingung, tapi waktu dicoba, menarik juga.. jadi inget waktu SD belajar aksara jawa.. :D :D

    ReplyDelete
  65. 감사합니다

    ReplyDelete
  66. 저는 ROYHIZAL  입니다

    ReplyDelete
  67. wahh skarang tinggal hpalin ajja .. bsog klo dah sukses ,, tinggal ko korea jja ..
     

    ReplyDelete
  68. saengie itu apa sih ???

    ReplyDelete
  69. saranghae korea

    ReplyDelete
  70. mule2 blaja bhse korea pening jgk laa...tpi best..:)

    ReplyDelete
  71. saengie itu adik

    ReplyDelete
  72. teman-teman bahasa koreanya apa? beda gk ama cingu?
    terus,,, yeongwoni itu apa artinya??he

    ReplyDelete
  73. ...ساي ثق فاحم لناغسوىغ ساثو حافق

    ReplyDelete
  74. 저는 한국에서 일하고 싶어요

    ReplyDelete
  75. fuck indonesia negara yang gagal memakmurkan rakyatnya!!!

    ReplyDelete
  76. Aditya Firdani RamadhanDecember 10, 2011 at 8:25 PM

    pengen bnget ktemu KyuHyun

    ReplyDelete
  77.  teman-teman bahsa koreanya chingudeul...yeongwoni atau yeongwonhi artinya selamanya / forever

    ReplyDelete
  78. ehm,tulisan ini lebih gampang dimengerti daripada buku blajar bhs korea yg gw beli...

    ReplyDelete
  79. sonok nyerw dapat blajar bhasa korea nieyh

    ReplyDelete
  80. 나는 또한 동 원해

    ReplyDelete
  81. keren deh.. kasih jepol ^^

    sebenar.x udah tau hangeul.. pi kalo bahasanya belom terlalu tau..
    punya blog khusus buat bahasa koreany ga???

    ReplyDelete
  82. sya pengen belajar bhsa korea...
    v msih bingung gmana cra penulisannya itu....

    ReplyDelete
  83. Mau belajar bhs korea donk..
    Pngen kesana bwt jalan2 nanti.
    Dmulai dari mana dl nie. Hurufnya byk bgt. Pusing.

    ReplyDelete
  84. ㅌㅡ리마 카싷 : terima kasih. Begitu bukan klo indonya. Replay ya.. Thanks.

    ReplyDelete
  85. gimana caranya nulis tulisan korea di computer

    ReplyDelete
  86. hmmm...susah jugha...

    ReplyDelete
  87. hmmmm susahh jugha yhaa..
     

    ReplyDelete
  88. anggie farah syah dibaDecember 26, 2011 at 1:03 PM

    aduh hahaha... korea bagus 

    ReplyDelete
  89. anggie farah syah dibaDecember 26, 2011 at 1:06 PM

    aduh si cantik korea wow bagus

    ReplyDelete
  90. anggie farah syah dibaDecember 26, 2011 at 1:09 PM

    hah... bahasa koreanya tulis ama dia sudah 

    ReplyDelete
  91. haha.. susah -_- baru bisa sedikit, makasih lah infonya :)

    ReplyDelete
  92. wih ternyata nggak sesulit yang aku bayangkan

    gamsahamnida

    ReplyDelete
  93. best nya bahasa korea ni tapi susahlah ..........

    ReplyDelete
  94. Waduh susah juga ya.Maklum baru pemula.Emang sih dari pada tulisan hanja,hangul lebih mudah.Tapi hangul dengan huruf kana lebih mudah kana.
    Do'ain supaya bisa ya :D *nyengir gaje

    ReplyDelete
  95. auliaputriiiiiiiiiiiiiJanuary 4, 2012 at 12:59 PM

    rada susah sih cua berusaha aja supaya bisa.

    ReplyDelete
  96. kalo udah hafal tulisannya terus ngartiinnya gimana..?

    ReplyDelete
  97. gamsahamnida :)

    ReplyDelete
  98. bahasa korea emang bikin tertantang......................................

    ReplyDelete
  99. 이 페이지를 좋아. :)

    ReplyDelete
  100. Kok masuk ke otak ya sulite, kalau bisa yang lebih rinci ya, pl

    ReplyDelete
  101. Anisa Refariana

    ReplyDelete
  102. wahwah :| susah juga =_="

    ReplyDelete
  103. perasaan, supaya bisa nulis dgr bner kita harus tau cara baca jelas yg pake abjad (abcde) nya dulu...

    ReplyDelete
  104. gamsahamnida...

    ReplyDelete
  105. saya lgsung tdak fahm

    ReplyDelete
  106. sangat membantu untuk saya yang baru belajar... thanks 감사합니다

    ReplyDelete
  107. i like bahasa korea,,,dgn melihat penjelasanx bsa mmbantu untuk bsa bljr
    &mmhami bhs korea

    ReplyDelete
  108. I like korea language,,, tp stiap aku cari huruf korea kok yg muncul malah kotak kotak gtu... Jd tmbh bingung dechhh

    ReplyDelete
  109. klo grammar nya gmna ya?
    btw thanx...

    ReplyDelete
  110. kalau kita mau belajar, pasti akan mudah,,

    ReplyDelete
  111. bagai mana kabar mu

    ReplyDelete
  112. thanks ea ........

    ReplyDelete
  113. asik uga yah belajar bahasa korea 매우 쿨

    ReplyDelete
  114. ㅅㅔㅍ...  ㅋㅏㅋㅏㅋ... ㅁㅏㅋㅏㅅㅣㅎ.... ㅎㅏㅎㅏㅎㅏ...

    ReplyDelete
  115. annyeong..
    gomawo..
    helpfull bgt!!

    ReplyDelete
  116. kamsahamida saranghaeyo

    ReplyDelete
  117. 감 사 함 니 다....

    ReplyDelete
  118. 닌 한 극 어 내 용 을 보 려 면...이 지 구 에 서  평 롭 게 살 개 하 나 님.....우 리 가 같 앝 은 하 늘 아 래 서 살 고.....

    ReplyDelete
  119. 우머쩌.투얻누오러더ㅑ우어코너모농

    sya ga ngerti apa ni

    ReplyDelete
  120. kamsahamida ..

    ReplyDelete
  121.  감 사 함 니 다....

    ReplyDelete
  122. gomawo oppa^^

    ReplyDelete
  123. caranya ngetik hangul tuh gimana sih?

    ReplyDelete
  124. kim hye min

    ReplyDelete
  125. kalo mau bikin hangeul, cara tau misah2in nya gimna? trus tau pake ㅇdi depan nya ato ga pakenya gimana? thankss. tpi ini artikel okee, jadi ngerti baca :)

    ReplyDelete
  126. 안녕하세요?

    감사합니다........

    ReplyDelete
  127. tetap gak mengerti

    ReplyDelete
  128. 감ㅅㅏ합니다...    =D

    ReplyDelete
  129. 절대 포기!!!

    ReplyDelete
  130. buat double "c" kyk gimana sih? kok bisanya cuma double "k" kyk gini "ㄲ" aja...

    ReplyDelete
  131. mau tanya...
    klo buat penulisan nama kluarga/marga kayaknya penulisannya ga sesuai huruf yah..
    atau ada penulisan tersendiri?

    ReplyDelete
  132. korang rse belajar bahasa korea sng x

    ReplyDelete
  133. 안녕하세요

    ReplyDelete
  134. susah juga belajar baskor
    T_T

    ReplyDelete
  135. aq gx nagerti ?? pusing!

    ReplyDelete
  136. buta huruf ....puyeng juga brow......

    ReplyDelete
  137. puyeng tapi boleh juga buat dicoba

    ReplyDelete
  138. yojeum eotteoseyo      saya cuma mau tanya aja buat kalian semua

    ReplyDelete
  139. eotteon noraega joheulkkayo.................................

    ReplyDelete
  140. Jongmal Gomawo^^

    ReplyDelete
  141. 당신은 한국어 서울시 말을하는 방법을 알고 형제


     

    ReplyDelete
  142. I like korea selatan spesific seoul

    ReplyDelete
  143. Sudah, makan dulu sana.. Ada mie ayam korea spesial tuh -,-

    ReplyDelete
  144. matur thank,,, numpang sedot ilmu nya gan,,,

    ReplyDelete
  145. masih nggak ngerti

    ReplyDelete
  146. Terima kasih. Kebetulan sekali saya sednag belajar bahasa Korea dan China. Ini memudahkan saya. Teria kasih...

    ReplyDelete
  147. karlina hasimahaeyo tanakaMarch 28, 2012 at 5:18 PM

    정말 한국을 좋아하는 및 한국어 당신을 볼 수 있어야 회신 김 범은 긴장.... 

    ReplyDelete
  148. wah, jadi semangat nih belajar bahasa Korea.. 

    ReplyDelete
  149. admin nya atau semua yang disini ada yang bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke hangeul dengan benar dan tepat?
    Please aku mohon.. Lagi butuh bgt nih..

    ReplyDelete
  150. Terima kasih untuk info ini..saya sudah boleh menghafal semua consonant & vokal..cuma saya keliru bila mana consonant K iaitu consonant yg berbentuk F terbalik itu..bila ia digunakan sedangkan consonant G itu blh digunakan utk K jg..
    Lagi satu cuma keliru utk masukkan yg mana satu vokal utk ayat..sebab bunyi kesemuanya lebih kurang sama..

    ReplyDelete
  151.  masih blom ngerti,,,

    ReplyDelete
  152. Nice! Mendidik!

    ReplyDelete
  153. i like it..
    Thank you for infonya

    ReplyDelete
  154. VolkwagentersengihApril 9, 2012 at 12:41 AM

    boleh bagi contoh wikipedia hangul yang besar sikit,,terangkan dgn lebih mendalam..sy betol2 nk blja.Thanks 

    ReplyDelete
  155. ma kasih ya....saya mulai belajar nih..

    ReplyDelete
  156. hahaaaaaaa.......

    pengennya beljar bahsa koreaaaaaaa

    ReplyDelete
  157. gimana lagi sih belajar bahasa korea

    ReplyDelete
  158. kakak,,,, ijin copypaste ya.. hehe 

    ReplyDelete