December 31, 2011

Kaleidoskop 2011

Di penghujung tahun, media-media massa biasanya menayangkan berbagai macam kaleidoskop. Ada kaleidoskop berita politik, berita ekonomi, berita olahraga, bahkan sampai kaleidoskop infotainment. Ada ulasan berita-berita yang menggembirakan, ada juga yang kurang menyenangkan. Sepertinya gak ada salahnya kalau seorang blogger ikut meramaikan akhir tahun dengan menulis post semacam kaleidoskop pribadi :)

Happy New Year 2012! (c) Mr Magoo ICU

Januari
Awal tahun 2011 saya punya "mainan" baru di kantor, namanya BeagleBoard. BeagleBoard itu single-board computer yang memakai system-on-a-chip OMAP3530 buatan Texas Instrument. Karena bukan project betulan, jadi belum sempat ngoprek banyak hal, cuma bikin graphic library kecil-kecilan, tapi lumayan bisa belajar lebih dalam lagi tentang embedded system :). Yang kurang oke di awal tahun 2011 adalah saya tidak bisa menepati janji ke @ramski2305 untuk NYE party di Seoul. Well, you were good on something and perhaps better than some, then you got more challenging task but less penny. Awkward enough, but that's life.. you can't always get what you want.

Februari
Another business trip to Suwon, Korea. Kali ini tidak selama business trip sebelumnya, hanya sepuluh hari. Rasanya tidak seperti kerja, melainkan lebih mirip kuliah 3 SKS yang dipadatkan ke 10 hari, termasuk tugas-tugas praktikumnya. Otak di-refresh kembali dengan hal-hal terkait board support package, bootloader, flash memory driver, kernel debugging, dan lain-lain. Pulang kantor jam 2 pagi, jalan kaki ke hotel, sambil menikmati "kehangatan" kota Suwon di penghujung musim dingin. Ah, jadi kangen makan 오댕 (odeng), makanan yang terbuat dari tepung ikan, ditusuk dan disajikan dengan kuah yang hangat. Meskipun kerjaan padat, tapi jalan-jalan mah wajib hukumnya. Beberapa hari setelah pulang dari negerinya Park Chu-Young, lanjut main-main sama teman-teman ke Green Canyon, Pangandaran. Bukan cuma naik perahu menikmati pemandangan alam, tapi juga body rafting, seru! Work hard, play hard :) Oya, di bulan ini, Arsenal menang lawan Barcelona, 2-1, best match of the year!

Victoria Concordia Crescit

Maret
Kalau kata Pak Pdt. Ir. Niko Njotorahardjo, tahun 2011 adalah tahun multiplikasi dan promosi. Well, puji Tuhan, saya bisa naik ke level senior dalam waktu yang relatif singkat. Uniknya, kabar baik tersebut saya dapat beberapa menit setelah saya menolak tawaran dari perusahaan X. Tawarannya lumayan, 250% mah ada, tapi kerja kan nggak sekedar cari banyak uang (sok idealis, sok loyalis, cuih :)). Bulan ini saya juga belajar bahwa, Success = Knowledge + Selling Skills + People Skills + Proper Attitude. Oya, selain itu, seingat saya, bulan ini sepertinya bulan di mana saya paling sering menemukan kernel oops :))

April
Kalau nggak salah, bulan April ini saya mulai kegiatan iseng-iseng yang baru, yaitu menjadi translator untuk beberapa TED Talks. Bagi yang belum tau, TED itu semacam konferensi seputar Technology, Entertainment, Design, yang mana tiap pembicaranya akan menyampaikan "ideas worth spreading" selama kurang dari 18 menit. Hasil translasi saya belum banyak sih, tapi lumayan lah untuk mengisi waktu luang :)

Mei
Mengawali bulan Mei, saya bangun pagi di pulau Sumatra, tepatnya di Teluk Kiluan, Lampung. Niatnya sih mau berburu foto lumba-lumba di habitat aslinya. Sayangnya, cuaca sedang tidak bersahabat, jadi ya kita main-main saja di sana :)). Di bulan ini, tulisan saya "Investasi Reksa Dana Untuk Pemula" lumayan banyak dibaca orang, jadi semangat ngeblog lagi :). Lalu, bulan ini (dan sebelumnya) ada beberapa teman kantor mengundurkan diri (atau dibajak perusahaan lain ya :)). Well, kalau yang resign itu teman seperjuangan yang sama-sama masuk melalui "program khusus" dan sama-sama well-performed, rasanya rada-rada gimana gitu. Keep moving forward! :)

Juni
Saya lupa kejadian apa yang menarik yang terjadi di bulan ini. Tampaknya terlalu sibuk dengan pekerjaan yang bisa dibilang gak mudah, tapi masa depan project tersebut masih mengambang. Oya, akhirnya saya dapat appraisal yang gak biasa (감사합니다, boss!) dan masa depan sebagai engineer sepertinya sudah tertata dengan rapi, but something were still missing. Well, actually you can still do a great job, even when you don't love it.

Juli
Work hard, play hard. Ketika coding sudah jadi hal yang penat, saatnya kabur mengunjungi langit biru dan pasir putih. Berangkat jam 2 pagi dari Jakarta, saya main-main ke Pulau Seribu bareng teman kos dan teman-teman baru lainnya. Di sana kami menyadari bahwa jadi orang yang super kaya itu kok keliatannya keren ya, bisa beli pulau ini-itu :)). Bulan ini lagi-lagi isu tentang Cesc Fabregas meninggalkan Arsenal kembali diangkat oleh media. Saat itu masih sebatas isu, tapi dalam hati saya bilang, if Fabregas "resigned" from Arsenal, me too! #watchyourmind. Oya, di bulan ini sepertinya tim futsal saya berhasil menang kompetisi mingguan, menang di semua pertandingan tanpa kebobolan satu gol pun :))

Agustus
Salah satu acara keren yang saya hadiri di bulan ini adalah TedxJakarta 2011. Saya bertemu dengan banyak orang keren dan mendapatkan sebagian dari ilmu dan ide mereka, salah satunya adalah Derek Sivers, one of the coolest IT guys. Terlintas di pikiran untuk mendirikan sebuah startup, di mana saya bisa create something awesome. Pastinya tidak se-"meriah" jika saya tetap menjadi C/C++ engineer, but at least I'll be practicing "Do what you love, and love what you do" :). Well, bulan ini adalah bulan paling galau di tahun 2011. Saat kita sudah terbuka dengan para manager tapi nothing happened from management, loyalitas pun ada batasnya. Kebetulan summer transfer window masih terbuka, ada beberapa tawaran untuk petualangan selanjutnya, salah satunya dari seorang teman kuliah, @fajrinrasyid, untuk creating products dan mengembangkan sebuah startup. 15 Agustus, kapten Arsenal pindah ke Barcelona :|


September
Surat yang paling sulit untuk ditulis adalah surat resign yang berisi testimonial kepada rekan-rekan kerja. I failed to write that. Sengaja saya pilih hari terakhir saya bekerja di SEIN bertepatan dengan hari ulang tahun saya, supaya tetap senyum-senyum :). Memulai lembaran baru di Suitmedia, saya memulai lagi sebagai newbie, mengerjakan hal-hal yang dulu saya senangi waktu jaman kuliah. Di petualangan yang baru ini saya jadi kenal banyak orang. Kalau dulu biasanya bertukar kartu nama selalu dengan orang Korea, di Suitmedia pertama kali bertukar kartu nama malah bukan dengan orang Indonesia, tapi dengan orang Jepang, GM sebuah perusahaan cloud computing di Jepang yang ingin ngobrol-ngobrol soal industri IT sebelum mereka berinvestasi di Indonesia.


Oktober
Seperti biasa, sibuk dengan pekerjaan sampai-sampai lupa kejadian menarik apa yang terjadi bulan Oktober. Masih dalam fase adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, memastikan project-project yang ada technically well-executed, dan bahkan terpaksa men-takeover pekerjaan seorang programmer yang gak pernah kelihatan. Oya, salah satu momen seru bulan Oktober adalah ketika nonton bareng pertandingan Chelsea 3-5 Arsenal di Planet Dago. Itu pertama kalinya saya nonton bareng anak-anak CISC Bandung, selain bareng anak-anak AIS Bandung tentunya. Pas Chelsea bikin gol ketiga, supporter Chelsea loncat-loncat kegirangan di depan supporter Arsenal. But who got the last laugh? Gunn3r5! Hahaha..

Arsenal Indonesia

November
Iseng-iseng datang nonton bareng Arsenal di Jakarta, tepatnya bareng AIS Jakarta. Suasananya gak kalah seru dengan di Bandung, yang jelas lebih banyak Gooneretes yang hadir ;). Sejak bulan November (atau sebelumnya ya), saya jadi sering nongkrong di cafe-cafe ber-wifi saat akhir pekan, untuk menyelesaikan sisa pekerjaan atau mencari inspirasi. Tempat nongkrong favorit biasanya di Anomali Coffee (Setiabudi, Jakarta) atau di Ngopi Doeloe (Bandung). Pada bulan ini juga diadakan Google DevFest di Jakarta. Banyak teknologi menarik diperkenalkan oleh Google Advisors di acara tersebut, dan one of interesting facts is.. almost all Google engineers use MacBook Pro. And yes, Google loves Mac. As a Google fanboy, but not Apple fanboy, this fact influenced me later.


Desember
Paket keanggotaan saya di Arsenal Indonesia Supporter akhirnya datang juga, setelah menunggu sejak musim sebelumnya. Yang paling keren dari isi kotak tersebut adalah Scarf Arsenal. Really love it <3. Di pekerjaan, kembali mendalami the art of "cari tau maunya klien itu apa". Untuk mengembangkan aplikasi yang gak umum, requirement analysis itu vital sekali. Bulan ini juga pertama kalinya saya duduk satu meja dengan seorang menteri, mencari tahu solusi IT seperti apa yang beliau butuhkan, baik untuk profesinya maupun untuk kementerian yang beliau pimpin. Lalu bertemu dengan bapak-bapak alumni ITB angkatan 1964, yang meskipun sudah tidak muda tapi masih bersemangat untuk berkarya memberi sumbangsih buat negeri ini. Kata mereka, mumpung masih tua. Dan itu pun mungkin pertama kalinya saya meeting dengan panggilan "nak", secara masuk ITB nya saja beda 40 tahun :)). Kegiatan menarik lainnya adalah saya kembali menggunakan kamera SLR yang telah saya anggurkan beberapa bulan untuk meliput acara ibadah perayaaan Natal di gereja, serta bantu-bantu teman meliput acara "family day" nya Otsuka (produsen Pocari Sweat) di Snow Bay, Taman Mini Indonesia Indah. Lumayan, bisa nonton gratis konser Naif dari jarak dekat, bahkan memotret mereka dari atas stage :)


Long story short,
Overall, 2011 tampaknya menjadi tahun yang biasa-biasa saja bagi saya. Banyak hal-hal yang saya gagal to make it happen. Seperti kata sebuah survey, 88% resolusi tahun baru berakhir gagal. However, saya bersyukur bisa mengalami banyak hal positif tahun ini. Semua karena anugerah-Nya. Another big decision has been made. Hopefully, di tahun 2012 kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik, dan mencapai hal-hal yang kita impikan.
"And in the end, it's not the years in your life that count. It's the life in your years."
— Abraham Lincoln

2 comments:

  1. Semoga resolusi di tahon 2012 terlaksana, kalo taon ini 88 %, ya taon 2012 87% lah ya.. haha.. Kidding2..
    Sukses Gri!! Go Gunners..

    ReplyDelete
  2. Thank you, bro! Sukses juga buat lo, semoga taun depan jadi ST ! :)

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)