Perpanjang Paspor di KBRI Seoul

안녕하세요! Hari Jumat yang lalu (14 Juni), saya pergi ke KBRI Seoul untuk memperpanjang masa berlakunya paspor saya. Seperti yang kita tahu, masa berlaku paspor RI itu hanyalah 5 tahun. Sebenarnya saya masih punya jatah waktu 6 bulan sebelum paspor saya expired karena paspor saya dibuat pada akhir tahun 2008 (berarti expired akhir tahun 2013). Hanya saja, jika masa berlaku paspor kita kita kurang dari 6 bulan, kita tidak akan diperbolehkan untuk pergi keluar negeri oleh pihak imigrasi. Ada teman saya yang pernah berencana untuk liburan keluar negeri dan sudah membeli tiket pesawat pulang pergi, tapi ketika dia sampai di bandara, petugas imigrasi tidak mengijikannya terbang karena paspornya sudah mau expired. Sayang sekali kan..

KBRI Seoul

Karena saat ini saya sedang di Seoul, cara untuk memperpanjang paspor di sini sangat mudah. Asalkan semua persyaratan lengkap, kita cukup membayar biaya sebesar USD 22 dan bersabar menunggu beberapa jam, paspor baru pun sudah siap. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Download formulir PSLD berikut (atau pastikan form terbaru di situs KBRI Seoul) dan isi form nya di rumah. Tidak perlu menempelkan pas foto 3x4 karena nanti diminta foto lagi di KBRI.

2. Siapkan dokumen-dokumen berikut ini, baik asli maupun fotokopi: paspor lama, visa, Alien Registration Card, dan surat keterangan studi/kerja.

3. Berpakaian yang rapi dan datang ke KBRI Seoul pada hari kerja (Senin-Jumat), sebelum jam 12 siang. KBRI Seoul ada di Yeouido, tepatnya di 380 Youidebang-ro, Youdeungpo-gu, bisa dijangkau dengan Subway Line 9, keluar di Saetgang station, exit 3. Masuk melalui pintu samping kedutaan, bukan pintu utama yang dekat pos satpam. Saat itu saya datang hari Jumat jam 11an, dan suasana KBRI cukup sepi.

4. Serahkan form dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan (semua dokumen asli, kecuali paspor lama, hanya ditunjukkan saja). Setelah itu, nanti kita akan diberi struk pembayaran sebesar USD 22 (untuk paspor 48 halaman). Pembayaran dilakukan di KEB (Korea Exchange Bank) yang terletak di seberang jalan utama menuju KBRI.

5. Menuju ke KEB, yang ada di lantai dasar dari Lotte Castle. Supaya lebih jelas, bisa tanya petugas security yang ada di KBRI karena beliau punya petanya. Tunjukkan struk pembayaran ke petugas KEB dan bayar sejumlah USD 22 (atau bisa juga menggunakan mata uang KRW).

6. Setelah itu, menuju ke lantai basement dari bangunan tersebut, dan cari studio foto. Cukup beritahukan bahwa kita mau foto untuk paspor, nanti kita akan dipotret dan mendapatkan 2 lembar foto 3x4, seharga KRW 10,000. The most expensive passport photo that I ever had...

7. Kembali ke KBRI, serahkan bukti pembayaran dari bank dan pas foto, lalu nanti kita akan diberikan slip tanda terima. Biasanya kita cukup menunggu sampai jam 3 atau 4 sore, dan paspor yang baru bisa kita bawa pulang. Kalau saya kemarin, karena sore itu saya ada kuliah, jadi saya baru kembali ke KBRI beberapa hari setelahnya. Voila, paspor baru sudah di tangan, dengan masa berlaku sampai 2018 dan issuing office: KBRI Seoul.

Semoga informasi di atas bermanfaat!
좋은 하루 되세요! :)

6 comments :

  1. Cari tiket promo aja, trus sekalian ke tempat kk Felis :D

    ReplyDelete
  2. Utk prjlnan mnggunakan bis ...kira2 terminal yg terdekat mnju kbri seoul dmn ya??
    Sy mw prpnjang paspor jg...sdgkn domisili skrg d busan

    ReplyDelete