Slumdog Millionaire

SLUMDOG MILLIONAIRE. Film India ini baru saja memenangkan Golden Globe 2009 kategori Best Picture - Drama. Jarang-jarang saya mau menonton film India (Bolywood) karena biasanya ceritanya monoton dan agak norak. Makanya, setelah tahu bahwa film ini memenangi Golden Globe, saya jadi penasaran untuk menontonnya guna mencari tahu apa yang spesial dari film ini. Oya, ternyata "Slumdog Millionaire" ini merupakan film Inggris, yang disutradarai oleh Danny Boyle & Loveleen Tandan, yang mengambil setting keseluruhan film di India. Jadi, mungkin wajar kalau auranya berbeda dengan film Bolywood pada umumnya :).


"Slumdog Millionaire" bercerita perjalanan hidup Jamal Malik, seorang anak muda dari kalangan ekonomi bawah yang tinggal di daerah perkumuhan di Mumbai, yang mengikuti acara TV "Who Wants To Be A Millonaire". Jamal berhasil menjawab pertanyaan demi pertanyaaan di kuis tersebut melebihi apa yang pernah dilakukan orang-orang terdidik pada umumnya. Padahal, Jamal hanyalah seorang tidak terdidik yang hanya bekerja sebagai chaiwalla (semacam office boy). Karena keberhasilannya tersebut, ia malah dicurigai melakukan kecurangan, lalu disiksa dan diinterograsi oleh polisi serta dipaksa untuk memberitahukan kecurangannya. Seorang inspektur polisi menanyai Jamal bagaimana ia bisa menjawab setiap pertanyaan kuis tersebut satu per satu. Jamal pun menjawabnya bahwa setiap pertanyaan itu ternyata kebetulan berkaitan dengan pengalaman hidupnya yang pahit sebagai seorang slumdog. Dalam penjelasan untuk setiap jawaban atas pertanyaan kuis yang diajukan, film ini menceritakan kehidupan Jamal Malik secara flashback dimulai dari kehidupan masa kecilnya.

Pengalaman hidup Jamal Malik di film "Slumdog Millionaire" ini sangat menyentuh hati. Ia lahir di daerah perkumuhan dengan perekonomian di bawah garis kemiskinan. Ia anak bungsu dari dua bersaudara di mana ibunya tewas sebagai korban kebrutalan kaum ekstrimist agama mayoritas. Lalu, Jamal, Salim (abangnya), dan Lativa (teman perempuannya) ditangkap oleh gerombolan mafia yang memanfaatkannya untuk menjadi pengemis jalanan. Kabur dari gerombolan tersebut, Jamal dan Salim terdampar di sekitar Taj Mahal. Mereka berdua pun mengambil jalan hidup yang berbeda. Lalu bagaimana dengan Lativa, cinta pertama Jamal? Dan apa hubungannya dengan keikutsertaan Jamal dalam kuis "Who Wants To Be A Millionaire"?

Bagaimana kelanjutannya??

Film ini sangat menarik karena menghadirkan tokoh dari kalangan bawah yang jarang terekspos di film-film lainnya. Film ini menunjukkan realitas sosial masyarakat kelas bawah yang mungkin juga terjadi di Indonesia dan negara-negara dunia ketiga lainnya. Alur film yang dibuat maju-mundur turut membuat penonton untuk menahan nafas sejenak memperhatikan pengalaman hidup apa yang berkaitan dengan pertanyaan selanjutnya. Secara keseluruhan, kesan Bolywood memang sangat terasa di film ini, yaitu film yang sangat komplet: drama keluarga, adegan tembak-tembakan, ada tokoh yang mati, bahkan juga ada tari India! Satu hal yang kurang,  tidak adanya adegan pria-wanita yang menari saling berhadapan dengan dihalangi oleh pohon atau pilar :P.

Menurut saya, film yang diangkat dari novel "Q and A" karya Vikas Swarup ini memang sangat pantas untuk memenangi Golden Globe karena menyajikan cerita yang sangat menarik. Meskipun demikian, ada hal-hal yang agak janggal dalam film ini, seperti apakah bahasa Inggris memang sudah mengakar sampai ke masyarakat kelas bawah di India? Untuk film ini, saya beri rating 8/10, sangat recommended untuk ditonton.



Sebuah moral cerita yang saya tangkap dari film ini: Banyak hal yang sudah dan sedang terjadi dalam hidup ini tanpa kita tahu mengapa hal itu terjadi. Tapi, suatu saat nanti kita pasti tahu mengapa.

God has made everything fit beautifully in its appropriate time.

[update]
Film "Slumdog Millionaire" ini pun banyak memenangi penghargaan Oscar :).

37 comments :

  1. filmnya udah nangkring di harddisk...
    tapi males nonton :P
    banyak yang bilang bagus,,,, ntar deh naikin di priority queue

    ReplyDelete
  2. Keren banget! pengalaman nonton yang jarang didapatkan di televisi nasional

    ReplyDelete
  3. keren banget, apalagi adegan pasa dia ketemu sama amitabachan, kok mau maunya ya si amitab kasih tanda tangan buat bocah yang bau tai???? tapi inilah india yang real, bukan film india yang biasa kita tonton yang sarat dengan kemewahan, suasananya agak mirip dengan film "city of joy" yang dibintangi ama patrick swayze cuma itu di kalkuta, keren banget kok bisa seeh? knapa bukan amita bachan yang jadi hostx?

    ReplyDelete
  4. @Petra:
    Jadi, udah ditonton belum? :)

    @Zulfikar:
    Iya, sineas Indonesia harusnya bisa lebih kreatif lagi, jangan hanya menuruti/membodohi pasar saja.

    @Anonymous:
    Iya tuh, jijay banget pas adegan minta tanda tangan.. :D Fyi, host asli acaranya di India sebenernya malah Shahrukh Khan loh.. :D

    ReplyDelete
  5. ihh blum nonton :(
    gw suka soundtrack nya "O..Saya"-Mia, keren deh!

    ReplyDelete
  6. @Rika:
    wah.. saia malah belum punya soundtracknya.. >.<

    ReplyDelete
  7. baru kelar ditonton semalam....

    keren abis!!!!

    ReplyDelete
  8. kenapa bukan shahrukh khan yang jadi host di film ya?
    takut mendapat negatif image gara2 ceritanya ya?hehe..
    lumayan sih ceritanya beda...
    but not my fave movie....

    ReplyDelete
  9. @vanillablue13:
    yup, ceritanya cukup unik! ;)

    @restya:
    cek rileks showtopic=77111 :)

    ReplyDelete
  10. klo soal bahasa,
    penggunaan bahasa inggris di negara2 bekas jajahan inggris emang udah biasa. contohnya bnyk ga usah jauh2 malaysia n singapore misalnya, karena biasanya english jadi secondary language. jadi jgn aneh warga kelas bawah atau slumdog juga biasa pake bhs inggris. walaupun masi campur2 :D

    ReplyDelete
  11. @ramadhany:
    ic ic.. makasih bwt infonya.. ;)

    ReplyDelete
  12. jadi pengen nonton

    http://firman.web.id

    ReplyDelete
  13. untungnya tari india nya cuman di akhir,,
    ahahaha :D

    over all,,
    stuju ama pesan moral nya :D

    ReplyDelete
  14. @meliza:
    iya.. hampir semua film india itu maksa ada tari india nya.. mirip kebanyakan film holywood yang selalu ada bendera US nya.. ;D

    ReplyDelete
  15. yg adegan terjun ke tumpukan sh*t dan ngebutain anak kecil paling bikin mual... :(

    ReplyDelete
  16. @david:
    ho oh.. adegan kabur dari toilet demi tanda tangan amitab itu memang paling "unik" .. ^ ^;

    ReplyDelete
  17. halo, salam kenal, lagi googling slumdog millionaire, ketemu sama blognya anggri..

    filmnya bagus ya? jadi pengen nonton, i think this is my genre :) di mana ya nyarinya?? emang dvd/vcdnya uda edar? ataou donlot??

    anggri, mampir juga ke blog saya ya.. afrianakartika.blogspot.com

    cheers,
    -anna-

    ReplyDelete
  18. ya, gw baru aja nonton film ini semalem. keren banget, sumpah! sekarang tiap liat anak jalanan jadi miris bawaannya. this so two thumbs up, four thumbs if I could get lift the thumbs in my feet. hehe.

    ReplyDelete
  19. @anna:
    sudah tayang di blitz megaplex kok..
    21 sepertinya akan menyusul.. :)

    @qbl:
    yoi.. golden globe gitu loh.. :D

    ReplyDelete
  20. suka2!! you don't have to be a genius..!!!
    duhh inspiring bangett

    ReplyDelete
  21. jojo
    smlm liat.. abis tau flm nie menang byk pnghargaan,cmn nunggu mpe dvd nya bgus.. dan.. wow.. keren yah.. ga kbanyang dr sbuah kuis bs jdi kyk gtu.. huhu.. nunggu di stasiun tiap hr jam 5sore, gokillllssss.... cinta matiii.. huhu..

    ReplyDelete
  22. Kemarin gw habis nonton filmnya. Bener-bener bagus!

    ReplyDelete
  23. @bootleg:
    iya.. film ini juga punya bumbu roman yang cukup nampol.. ;D

    @brahmasta:
    two thumbs up kan.. ;)

    ReplyDelete
  24. Filmnya keren, bagus, banyak ibrah yg dapat kita tangkep, menampilkan realitas kehidupan kalangan bawah... bener2 film keren.. terkadang sebuahfilm yang mengambil realitas kehidupan mampu memberikan semangat kehidupan bagi penonton, dibandingkan film fantasi yang hanya berkhayal dalam mimpi :p

    ReplyDelete
  25. Akhirnya aQ nontoN jg tuH fiLm....
    meskipuN gak ada bhs indonesianya........

    hahahahaha........

    not baD lah..........

    ReplyDelete
  26. wah,, jadi penasaran banget,,, pengen liat....

    ReplyDelete
  27. wah...penasaran neh pengen ntn

    ReplyDelete
  28. Baru denger film ini dari temen.
    Dia cerita ttg ide ceritanya. Sy jadi tertarik dan akhirnya nonton deh... :p

    Memang pantas kok dapat penghargaan!
    Good movie...

    ReplyDelete
  29. lagi googling slumdog milliuner, tnyata nemu blog ini,sore kmaren baru aja nonton.jarang lho ada film pemenang piala oscar alias best picture ceritanya mudah diikuti.biasanya khan pemenang film sekelas oscar ceritanya njelimet and dialognya panjang2.tapi ini gampang diikutin dan ngajakin kita nangis,ketawa,eehhh nangis lagi ... tapi tetep y film india is film india, nari-narinya itu lho g nahan ... ^_^

    ReplyDelete
  30. @rizal:
    film ini memang sangat "down to earth"...
    banget malah.. ;D

    @tia:
    wah.. listening skill nya jago nih ye.. :)

    @iceman:
    silakan kunjungi bioskop terdekat.. :)

    @apendix:
    film india itu gak pernah lepas dari jogetnya..
    mungkin mirip dengan film holywood yang kebanyakan pasti nunjukin bendera USA..

    ReplyDelete
  31. film ni emang ok banget..
    Walopun pas terakhir masih ada adegan joget2nya

    ReplyDelete
  32. Serem ya kehidupan masyarakat bawah di Mumbai. Apalagi eksploitasi anak n kekerasannya. Moga-moga di Indonesia ga kayak gitu... Btw, film ini emang bagus. Ga nyesel deh bela2in macet ke GI.

    ReplyDelete
  33. ini film kisah nyata pa bukan yooo....
    k' sedih bgt

    ReplyDelete
  34. iya emang kereen slumdog millionairenya..si dev patel juga cakep ^^..

    ReplyDelete
  35. udh nonton,
    tp cuman dvd bajakan az....
    jd gmbrx msh agak buram.........
    klo udh dpt yg asli pasti qw tonton lg.....

    ReplyDelete
  36. saya tertarik dari lagu soundtrak yang judulnya jai-ho...hm...great song.. tentang filmnya...duh jadi penasaran mau nonton...hiks-hiks..Nontooooon

    ReplyDelete