Kesalahan Logika

Kesalahan logika, atau yang sering disebut juga logical fallacy, merupakan cacat atau sesat penalaran, yang tidak hanya sering (secara tak sengaja) digunakan oleh orang-orang yang kemampuan penalarannya terbatas, tetapi juga sering (secara sengaja) digunakan oleh orang-orang tertentu, termasuk media, untuk mempengaruhi orang lain. Berikut ini beberapa contoh logical fallacy yang mungkin tidak asing bagi kita. Semoga kita tidak terjebak propaganda, atau malah melakukan kesalahan penalaran, baik sengaja maupun tidak sengaja.

thou shalt not commit logical fallacies – © yourlogicalfallacyis.com

strawman
Melebih-lebihkan, menyalahartikan atau bahkan memalsukan argumen seseorang, demi membuat argumen Anda yang menyerangnya terdengar lebih masuk akal.

Contoh: Jocovic berargumen bahwa berdasarkan pengamatannya di lapangan, nelayan dan petani tidak senang dengan koperasi karena yang mendapatkan modal hanya pengurusnya saja, sehingga hal ini perlu diperbaiki. Mendengar hal tersebut, lawan politik Jocovic menyatakan bahwa Jocovic menolak koperasi; koperasi tidak diperlukan di desa.

Dilbert 2010-05-30

false cause
Mengasumsikan bahwa ada hubungan sebab-akibat ( causation ) antara hal-hal yang terjadi secara bersamaan atau berurutan ( correlation ).

Contoh: Dalam beberapa abad terakhir, suhu bumi semakin panas. Sementara itu, pada kurun waktu yang sama, jumlah bajak luat pun semakin sedikit. Jadi, bajak laut lah yang membuat bumi dingin. Global warming hanyalah hoax.

xkcd 925 : Cell Phones

appeal to emotion
Memanipulasi respons emosional untuk menggantikan atau menutupi argumen lain yang valid dan masuk akal.

Contoh: Seorang anak tidak mau menghabiskan makanannya. Lalu, sang ibu menasihatinya untuk memikirkan anak-anak yang kelaparan di Afrika yang tidak bisa mendapatkan makanan yang layak.

the fallacy fallacy
Mengasumsikan sebuah klaim pasti salah karena disampaikan dengan kesalahan penalaran. Jika P, maka Q. P salah penalaran. Jadi, Q salah.

Contoh: Farah menyarankan kita sebaiknya makan 4 sehat 5 sempurna hanya karena seorang ahli gizi menyatakan bahwa itu adalah gaya hidup yang populer. Lalu, Farhat menanggapinya dengan menyatakan Farah melakukan fallacy, jadi kita tidak perlu makan 4 sehat 5 sempurna.

Existential Comics: The Adventures of Fallacy Man 

slippery slope
Mengasumsikan jika situasi P terjadi, maka Q akan juga terjadi, tanpa didukung dengan bukti atau penalaran yang masuk akal. Karena itu, P tidak boleh terjadi.

Contoh: Seorang pejabat pemerintahan menolak melegalkan pernikahan beda-keyakinan, sebab jika diperbolehkan kelak mereka akan melegalkan pernikahan sesama jenis di masa depan.

Existential Comics: The Adventures of Fallacy Man 

ad hominem
Mendiskreditkan karakter atau kepribadian lawan untuk melemahkan argumen mereka.

Contoh: Prabsky mempresentasikan konsep Triple Helix tentang kerjasama universitas-industri-pemerintah dalam melakukan penelitian yang berdampak bagi masyarakat. Lawan politik Prabsky menanyakan ke publik apakah kita perlu mempercayai seseorang yang pernah terlibat penculikan aktivis di masa lalunya.

tu quoque
Menghindar dari kritik sekaligus mendiskreditkan lawan dengan menggunakan kritik yang sama yang disampaikan pada dirinya.

Contoh: Seorang ayah memperingatkan anaknya, "Nak, kamu jangan merokok ya. Merokok itu merugikan kesehatanmu." Lalu, si anak menjawab, "Ah, Ayah merokok tiap hari masih kelihatan sehat kok. Berarti merokok itu tidak ada hubungannya dengan kesehatan."

personal incredulity
Menganggap suatu hal itu pasti tidak benar hanya karena susah dipahami.

Contoh: Sekelompok politisi yang tidak percaya bahwa ada banyak relawan yang mendukung salah satu calon presiden tanpa bayaran sepeserpun akan menganggap bahwa dukungan tanpa syarat itu adalah sesuatu yang mustahil, tidak benar terjadi.

special pleading
Membuat pengecualian atas klaim sebelumnya yang ternyata terbukti salah.

Contoh: Seorang paranormal mengaku bisa menebak skor piala dunia. Suatu waktu, ketika tebakannya salah, ia berdalih bahwa hal tersebut pengecualian dikarenakan cuaca saat itu sedang tidak menentu.

xkcd 373 : The Data So Far

loaded question
Mengajukan pertanyaan yang memiliki praduga secara implisit, sehingga tidak bisa dijawab tanpa terlihat bersalah.

Contoh: Meskipun Bob tahu Charlie tidak merokok, untuk menarik perhatian Alice, Bob menanyakan pertanyaan ini kepada Charlie: "Apakah kamu sudah berhenti merokok? Sudah atau belum?"

burden of proof
Menyatakan bahwa orang lain lah yang harus membuktikan suatu klaim, bukan si pembuat klaim.

Contoh: Prabsky mengklaim bahwa ada potensi kerugian negara sebesar Rp 1000 Triliun per tahun. Karena belum ada seorang pun membuktikan opininya salah, maka ia mengklaim bahwa argumentasi tersebut benar.

ambiguity
Menggunakan bahasa yang ambigu atau memiliki makna ganda untuk mengaburkan kebenaran.

Contoh: Ketika hakim bertanya kepada seorang pelanggar kenapa ia belum membayar denda parkir, si pelanggar menjawab bahwa ia tidak harus membayarnya karena tertera tanda "Fine for parking here".

the gambler's fallacy
Percaya bahwa jika sesuatu terjadi lebih sering dari kondisi normalnya, misalnya kejadian acak yang menghasilkan hasil yang sama secara terus menerus, maka peluang terjadinya hal yang sama akan lebih kecil di masa yang akan datang.

Contoh: Setelah melemparkan koin sebanyak 5 kali dan mendapati hasilnya selalu head, Howard percaya bahwa pada lemparan kali ini hampir pasti hasilnya tail.

xkcd 1252 : Increased Risk

bandwagon
Percaya bahwa jika suatu hal itu populer dan diyakini oleh banyak orang, maka hal itu adalah kebenaran yang valid, tanpa perlu menyelidikinya lebih lanjut.

Contoh: Pada masa abad pertengahan (Medieval) banyak orang percaya bahwa Bumi itu datar. Hal ini dianggap sebagai kebenaran yang valid karena merupakan kepercayaan yang populer.

xkcd 1170 : Bridge

appeal to authority
Percaya bahwa jika otoritas menyatakan sesuatu, maka hal tersebut merupakan kebenaran yang valid, tanpa perlu menyelidikinya lebih lanjut.

Contoh: Pemerintah Ukraina membuat klaim bahwa kelompok separatis pro Rusia lah yang menembak jatuh pesawat MH-17. Tanpa menyelidiki apakah kelompok separatis benar-benar memiliki senjata mutakhir seperti itu, masyarakat Barat percaya terhadap klaim tersebut.

composition/division
Menyatakan bahwa jika suatu bagian berperilaku tertentu, maka bagian lainnya atau keseluruhan objek tersebut berperilaku yang sama.

Contoh: Tubuh manusia dibangun dari banyak sel. Sel tidak kelihatan. Karena itu, tubuh manusia tidak kelihatan.

no true scotsman
Menyatakan bahwa fakta yang tidak sesuai dengan klaim awal bukanlah fakta yang asli, atau patut masuk pengecualian.

Contoh:
A: "Tidak ada orang Skotlandia yang memberi gula ke buburnya."
B: "Aku orang Skotlandia, dan aku menaruh gula ke buburku."
A: "Tidak ada orang Skotlandia yang sejati yang memberi gula ke buburnya!"

genetic
Menilai suatu pernyataan baik atau tidak berdasarkan dari mana pernyataan itu berasal, tanpa disertai argumentasi yang valid.

Contoh: Diberitakan bahwa ia terlibat kasus korupsi sapi, petinggi partai itu berdalih kita harus berhati-hati atas apa yang kita dengan dari media karena tidak semua media bisa diandalkan.

black-or-white
Mempresentasikan hanya 2 alternatif kemungkinan, padahal bisa jadi fakta sebenarnya adalah kemungkinan yang lain.

Contoh: Seorang simpatisan partai menghakimi teman-temannya yang tidak mendukung Prabsky sebagai fans fanatik Jocovic.

begging the question
Mempresentasikan argumen sirkular, yang mana kesimpulan argumen tersebut sudah ada di premis / pertanyaan yang diajukan. Jika P maka Q, dan P valid hanya jika Q diasumsikan valid.

Contoh: Penciptaan bumi dan segala isinya diawali dengan sebuah Big Bang. Karena itu, Big Bang itu memang benar ada.

appeal to nature
Percaya bahwa sesuatu itu benar atau valid karena sifatnya "natural" seperti itu, dan sebaliknya.

Contoh: Tubuh manusia bisa mendapatkan imunitas tanpa vaksin. Pemberian vaksin pada imunisasi bukanlah hal natural. Karena itu, imunisasi sebaiknya dilarang untuk anak-anak.

anecdotal
Menggunakan pengalaman pribadi sebagai dasar kebenaran yang valid, tanpa disertai argumentasi yang masuk akal.

Contoh: Kakek Alice adalah perokok berat yang menghabiskan 20 batang per hari dan beliau masih hidup sampai usia 97 tahun. Karena itu, Alice tidak percaya bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan.

the texas sharpshooter
Memilih-milih data yang mendukung argumentasi kita, dan mengabaikan data lainnya, sehingga memberikan ilusi logika.

Contoh: Seorang entrepreneur sudah menciptakan beberapa bisnis yang gagal dan satu bisnis yang sangat sukses. Lalu, ia menggembar-gemborkan kemampuan entrepreneurship nya dengan menekankan kisah suksesnya dan menyembunyikan kisah gagalnya, sehingga banyak orang percaya ia adalah wirausahawan yang selalu sukses.

xkcd 1347 : t-Distribution

middle ground
Mengajukan klaim bahwa titik tengah di antara dua ekstrim pastilah kebenaran yang valid.

Contoh: Analyst A memberikan rekomendasi jual saham XYZ, sedangkan analyst B memberikan rekomendasi beli saham XYZ. Karena itu, aksi yang terbaik saat ini pastilah wait-and-see atau hold saham XYZ.

xkcd 690 : Semicontrolled Demolition

“When you have eliminated all which is impossible,
then whatever remains, however improbable, must be the truth.”

― Arthur Conan Doyle



21 comments :

  1. mudah la perasaan meskipun memang gak terlalu mudah

    ReplyDelete
  2. waaah.. jadi pengen belajar bahasa Korea kaaaan... hihiii..
    makasih postingannya.. ^^

    ReplyDelete
  3. kamsa hamnida^^

    ReplyDelete
  4. yang disini udah biasa ketemu, eeh:P

    ReplyDelete
  5. suka dua duanya, hehe #iamsorryforspam:P

    ReplyDelete
  6. makasih/terimakasih

    ReplyDelete
  7. 모두를위한 감사합니다 ... 나는 이미 지금 한글 을 기억 !

    ReplyDelete
  8. thanx ya...
    terimakasih untuk infonya

    ReplyDelete
  9. maaf, kak. boleh tau nggak? ini artinya apa?

    ReplyDelete
  10. tolong dijawab segera, tolong banget kak :)

    ReplyDelete
  11. fans nya kang min hyuk ya?

    ReplyDelete
  12. Urgent, Dicari translater korea, utk perusahaan korea di cilegon,minat hub. 089697322035

    ReplyDelete
  13. ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, thanks

    ReplyDelete
  14. Pas latihannya gak ngerti gimana ngebedain pnggunaan huruf2 yg dgris bwahi tu #mikir keras smpe pening "-_-

    klo bisa kasih soal latihan menulisnya lg dong, plus jawabannya biar tau bner gknya #wehehehe :D

    ReplyDelete
  15. thanks min buat tutornya,, sangat bermanfaat

    http://goo.gl/WkPZ2C

    ReplyDelete